Advertisement

Punya Ingatan Buruk? Yuk Atasi dengan Doodling Method

Doodling Method merupakan metode belajar dengan cara menggambar secara acak di sebuah kertas dengan menggunakan pena. Doodling Method dinilai mampu membantu seseorang agar lebih fokus dan mengingat materi ketika sedang belajar. Menurut penelitian, Doodling Method terbukti mengurangi beban pikiran yang dirasakan ketika sedang belajar.

Doodling Method

Doodling, Kegiatan yang Bisa Menyebabkan Hati Tentram

Doodling Method ini merupakan cara sehat yang dilakukan untuk menghilangkan stres. Seni yang dihasilkan dalam membuat doodle mampu memperbaiki suasana hati dan perilaku adiktif, serta menguatkan memori. Dengan mencoret-coret d iatas kertas, seseorang dapat mengekspresikan perilaku yang dirasakan tanpa memperdulikan latar belakang.

Baca Juga :  Cara Hilangkan Breakup Insomnia

Teknik Doodling yang pertama Unplanned Doodle, teknik ini bersifat spontan, atau tanpa direncanakan. Yang kedua, Semi-Unplanned Doodle, teknik ini biasanya sebagian direncanakan oleh sang kreator, dan sebagiannya dibuat secara spontan. Yang ketiga, Planned Doodle, teknik ini direncanakan dengan membentuk sketsa terlebih dahulu.

Jenis Doodle Method

Doodle fantasy tergolong dalam jenis Doodle yang sifatnya fiksi atau tidak nyata. Doodle jenis ini berbentuk karakter-karakter yang tidak nyata sesuai dengan imajinasi sang kreator. Karakter yang dibuat biasanya digambarkan ke dalam bentuk orang, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya berdasarkan karakteristik tertentu sehingga menghasilkan karya yang unik.

Doodle floral, sesuai dengan namanya, doodle jenis ini menggunakan unsur-unsur jenis bunga. Jenis Doodle floral ini tergolong jenis Doodle feminim, karena lebih disukai oleh perempuan, yang menggabungkan berbagai jenis bunga sehingga bisa menghasilkan bentuk tertentu yang dominan berisikan gambar bunga.

Doodle pattern atau pola. Doodle jenis ini biasanya mengkombinasikan beberapa pola, sesuai keinginan kreator. Doodle Pattern memiliki sisi unik dan memiliki daya tarik tersendiri sesuai dengan pandangan masing-masing. Kebanyakan sang kreator menciptakan Doodle Pattern membuat kotak atau pembatas terlebih dahulu, kemudian dibuat pola.

Artikel Lainnya : Tips Work Life Balance

Doodle animation paling populer dibandingkan jenis Doodle lainnya, karena Doodle ini menggambarkan karakter animasi, atau menggambarkan ulang tokoh animasi. Doodle animasi biasanya disukai oleh kalangan fans animasi-animasi tertentu, seperti kartun Jepang atau Manga. Doodle animasi banyak diminati oleh anak-anak hingga orang dewasa. 

Doodle jenis graffiti merupakan penulisan suatu nama yang kemudian ditambahkan dengan teknik doodle lainnya, seperti Pola, Floral dan lain sebagainya disekitar nama yang telah ditulis tadi. Penambahan teknik Doodle lainnya bertujuan agar memperindah Graffiti yang telah dibuat. Doodle Graffiti mengkombinasikan karya Doodle dan Tipografi.

Hasil karya Doodle Method

Doodle termasuk ke dalam karya 2 dimensi, karena terdiri dari panjang dan lebar. Bidang panjang dan lebar ini biasanya digunakan untuk membuat gambar, lukisan, dan karya grafis lainnya yang hanya dapat diamati dari arah depan. Karya seni 2 dimensi memberikan kesan jauh, dekat, besar, dan kecil. Doodle hanya bisa dilihat dari arah depan yang mampu memberikan kesan yang dekat.

Doodling Method ini menghasilkan sebuah karya abstrak yang memiliki nilai jual. Karya Doodle bisa menjadi produk yang dapat dikomersilkan. Hasil karya Doodle yang telah dibuat bisa dijadikan portofolio agar orang lain bisa melihat Doodle Art yang pernah dibuat. Kemudian buka sistem custom agar calon pembeli bisa membuat Doodle sesuai keinginan

Posting Komentar

0 Komentar