Advertisement

Bagaimana Urutan Belajar Bahasa Inggris Yang Benar?

Urutan Belajar Bahasa Inggris

Bagaimana Urutan Belajar Bahasa Inggris Yang Benar? - Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak dipelajari. Lalu, apa kita harus belajar bahasa Inggris? Tentu! Terutama jika kamu ingin bisa bersaing di dunia kerja yang mana sekarang sudah sangat tinggi tingkat persaingannya. Bagi banyak orang Indonesia, bahasa Inggris masih dianggap bahasa yang sulit dikuasai sehingga tidak banyak orang Indonesia yang benar-benar fasih berbahasa Inggris. Sebenarnya, faktor yang menjadikan hal demikian ada banyak, namun salah satunya adalah belum mengetahui urutan belajar bahasa Inggris yang benar.

Mengetahui urutan belajar bahasa Inggris yang benar adalah hal yang penting karena hal ini berkaitan dengan keefektifan belajar tersebut. Urutan belajar bahasa Inggris untuk anak kecil dan orang dewasa pun berbeda.

Berdasarkan website Linguistic Society, cara anak kecil native menguasai bahasa Inggris dan cara anak kecil negara lain menguasai bahasa ibunya sendiri pun tidak jauh berbeda. Umumnya, anak kecil secara natural akan belajar kosakata bahasa Inggris dan grammar dasar dari orang tuanya. Ketika sudah sekolah, mereka mulai belajar alfabet, menulis, serta membaca. Seiringnya waktu, kosakata mereka berkembang sesuai dengan umurnya, dan kemampuan mereka dalam menulis, memahami grammar, speaking, serta membaca pun terus meningkat seiring mereka naik kelas hingga kuliah.

Urutan belajar bahasa Inggris anak kecil dan dewasa pun berbeda. Untuk orang dewasa, mereka lansung ke tahap mempelajari grammar karena belajar kosakata dan grammar secara natural sudah bukan umurnya lagi. Jadi, bisa dibilang kemampuan untuk mempelajari bahasa baru sebaiknya dilakukan sejak kecil.

Buat seseorang yang serius ingin belajar bahasa Inggris, sering terbesit dalam pikiran, seperti "bagaimana urutan belajar bahasa Inggris yang tepat?", "apa langkah pertama untuk belajar bahasa Inggris?", "bagaimana cara belajar bahasa Inggris dari nol?", "apa saja dasar belajar bahasa Inggris?", "bagaimana tahapan belajar bahasa inggris otodidak?".

Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti sering muncul, terlebih jika kamu belajar bahasa Inggris secara otodidak. Beberapa orang mau tidak mau harus belajar bahasa Inggris secara mandiri karena keterbatasan budget untuk bisa mengikuti kursus bahasa Inggris. Untuk kamu yang mencari tahapan belajar bahasa Inggris secara otodidak untuk pemula, postingan ini tepat untuk kamu.

Berikut adalah rekomendasi urutan belajar bahasa Inggris yang benar yang bisa kamu ikuti supaya fasih berbahasa Inggris :

1. Tense

Urutan belajar bahasa Inggris yang pertama adalah tense. Tense sangat penting untuk dipelajari sebagai awalan dalam urutan belajar bahasa Inggris karena tense akan membantumu untuk setidaknya membuat kalimat secara benar.

Tense adalah rumus perubahan kata kerja yang disesuaikan dengan waktu kejadian yang terjadi dalam kalimat. Dengan belajar tense, kamu bisa membuat kalimat bahasa Inggris dengan benar karena tense sendiri berisi rumus seperti SPOK yang ada dalam bahasa Indonesia. Namun bedanya, SPOK dalam bahasa Inggris dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan waktu peristiwa dalam kalimat.

Dalam bahasa Inggris, ada 16 tenses bahasa Inggris :

- simple present

- simple past

- simple future


- simple present continous

- simple past continous

- simple future continous


- present perfect

- past perfect

- future perfect


- present perfect continous

- past perfect continous

- future perfect continous


- past future

- past future continous

- past future perfect

- past future perfect continous


Setelah memahami semua tense-nya, kamu bisa berlatih mengerjakan soal-soal tense untuk mengasah pemahaman tense-mu.


2. Pronunciation

Setelah memiliki pengetahuan mengenai tense, urutan belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah pronunciation. Mengetahui cara baca/pengucapan bahasa Inggris yang benar adalah hal yang penting untuk dilakukan karena hal ini adalah pondasi dasar untuk ketrampilan bahasa Inggris lainnya, yaitu speaking dan listening.

Jika pronunciation yang kamu ucapkan masih kurang tepat, maka orang lain pun akan susah mengerti apa yang kamu ucapkan. Jika pengetahuanmu mengenai cara baca/cara pengucapan bahasa Inggris yang benar masih belum bagus, maka kamu pun akan kesusahan untuk memahami apa yang orang lain ucapkan.

Untuk belajar pronunciation, kamu bisa membaca teks bahasa Inggris dan kemudian jika ada pronunciation yang kamu tidak tahu cara bacanya, kamu bisa menggunakan aplikasi kamus Cambridge atau website Cambridge dictionary.

(Baca Juga : Kesalahan Dalam Bahasa Inggris Yang Orang Indonesia Sering Lakukan!)


3. Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris dan Perluas Pengetahuan Grammar

Urutan belajar bahasa Inggris yang ketiga adalah memperluas lagi pengetahuan grammar dan memperbanyak kosakata bahasa Inggris.

Grammar dalam bahasa Inggris tidak hanya tense saja. Ada tatanan bahasa Inggris lainnya yang perlu kamu pelajari, seperti urutan adjective, conditional sentence, conjunction, dan lain-lain. Lalu, untuk memperbanyak vocabulary bahasa Inggris, sebenarnya kamu bisa melakukannya dari awal sembari melakukan urutan belajar bahasa Inggris dari nomor 1.


4. Praktik Speaking

Urutan belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah speaking. Jika tujuan utama belajar bahasa Inggris bukan untuk membuat tulisan ilmiah bahasa Inggris yang bagus, kamu bisa langsung praktik berbicara bahasa Inggris karena untuk membuat tulisan ilmiah bahasa Inggris, ada materi khususnya.

Untuk praktik speaking, kamu bisa mengikuti tips lancar ngomong bahasa Inggris pada postingan sebelumnya.

Kunci utama dari berlatih speaking adalah percaya diri dan jangan takut salah. Jika kamu masih belum PD, kamu bisa mulai berlatih speaking dengan diri sendiri, baru setelah itu mulai speaking dengan teman, keluarga, atau orang lain.


5. Ketahui Banyak Slang Words

Urutan belajar bahasa Inggris yang kelima adalah ketahui banyak slang words. Jika ingin lancar ngomong bahasa Inggris layaknya native speaker, kamu harus perbanyak kosakata slang bahasa Inggris karena sebagian besar native speaker menggunakan slang words kepada sesama teman. Sebagai pelajar bahasa Inggris, kamu pasti ada keinginan berteman dengan native speaker, kan?

Belajar slang words tidak ada salahnya karena sebagian besar tulisan yang ada di media sosial, seperti caption di instagram atau tweet di twitter, menggunakan slang words. Cara terbaik untuk mempelajari slang words adalah dari film dan media sosial.


Kesimpulan

Itulah rekomandasi urutan belajar bahasa Inggris yang benar. Sebenarnya, tiap orang mungkin punya urutan belajar bahasa Inggris masing-masing. Yang terpenting dalam belajar bahasa Inggris adalah menemukan cara yang sesuai dengan diri sendiri dan konsistensi.

Sekian, semoga postingan ini bermanfaat, ya!

Search Keyword : urutan belajar bahasa inggris, urutan materi belajar bahasa inggris, urutan belajar bahasa inggris secara otodidak, urutan belajar bahasa inggris untuk pemula

Posting Komentar

0 Komentar