Advertisement

Materi Conjunction atau Kata Sambung Dalam Bahasa Inggris

Materi Conjunction atau Kata Sambung Dalam Bahasa Inggris

Materi Conjunction atau Kata Sambung Dalam Bahasa Inggris - Conjunction, atau kata sambung dalam bahasa Inggris, adalah salah satu parts of speech dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, conjunction memiliki arti dan makna yang sama dengan kata sambung.

Dalam kamus cambridge, conjunction adalah a word such as 'and', 'but', 'while' or 'although' that connects words, phrases and clauses in a sentence. Artinya, kata sambung dalam bahasa Inggris memiliki fungsi untuk menghubungkan kata, frasa, atau kalimat dalam bahasa Inggris.

Dengan menggunakan conjunction, kamu bisa membuat kalimat kompleks dan menghindari mengucapkan/menulis banyak kalimat pendek yang malah membuatmu terdengar tidak natural. Pastikan kata/frasa/kalimat yang kamu hubungkan menggunakan conjunction memiliki struktur yang paralel.

Contoh kata sambung dalam bahasa Inggris:

Correct

I drive quickly but carefully (Conjunction dari kalimat tersebut adalah 'but', dan conjunction tersebut menghubungkan 2 adverb, yaitu 'quickly' dan 'carefully')

Incorrect

I drive quick but carefully (2 kata yang dihubungkan conjunction 'but' tidak parallel karena 'quick' adalah adjective dan 'carefully' adalah adverb).

(Baca Juga : Daftar Kosakata Peralatan Rumah Tangga dalam Bahasa Inggris)

Jenis-jenis Conjunction Dalam Bahasa Inggris

Conjunction bahasa Inggris memilik 3 jenis, yaitu coordinating conjunction, subordinating conjunction, dan correlative conjunction, yang mana masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Postingan ini akan membahas ketiga jenis kata sambung dalam bahasa Inggris tersebut, lengkap dengan cara penggunaannya dalam kalimat.

Coordinating Conjunction

Jenis kata sambung dalam bahasa Inggris ini digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih kata, frasa, atau kalimat independent. Coordinating conjunction ada 7 macam yang biasa sering dihafalkan sebagai FANBOYS, yaitu for, and, nor, but, or, yet, so.

For

Memiliki arti yang sama dengan 'because', 'for' sebagai kata sambung dalam bahasa Inggris ini bisa dibilang versi old fashioned dari 'because'. Sehingga untuk menjelaskan tujuan atau alasan, lebih baik menggunakan 'because'.

Contoh :

Lary had a terrible stomach ache, for he ate spicy food. (Di sini, 'for' diletakkan di tengah dan digunakan untuk menghubungkan 2 independent clause sehingga memerlukan tanda hubung koma).

And

Contoh :

Indonesia have won three gold medals and two silvers in the badminton events (Menghubungkan frasa three gold medals dan two silvers).

Nor

Kata sambung dalam bahasa Inggris ini digunakan dalam kalimat negatif.

Contoh :

I don't like watching movies nor watching soccer. Honestly, I prefer activities that make me move, such as swimming. (Artinya, aku tidak suka menonton film atau menonton pertandingan sepak bola. Jujur, aku lebih suka aktivitas yang membuatku bergerak, seperti berenang).

But

Contoh :

It's a very nice dress, but it easily wrinkles.

Or

Contoh :

Wear your coat, or you will freeze.

Yet

Contoh :

Memiliki arti yang sama dengan 'but'.

She is nerd and ordinary,  yet somehow she is attractive.

So

Contoh :

My sister was hungry, so I bought her a sandwich. 

Subordinating Conjunction

Jenis kata sambung dalam bahasa Inggris ini digunakan untuk menghubungkan independent clause dan dependent clause. Subordinating conjunction ini diletakkan tepat di awal dependent clause. Subordinating conjunction ada banyak, namun yang paling sering digunakan adalah although, though, before, after, until,  because, since, as, while, dan whereas.

Contoh :

When I take a shower, there is a guest coming home (Subordinating conjunction 'when' nempel ke dependent clause dan bukan a complete idea, sehingga membutuhkan independent clause untuk membuat kalimat yang logis).

I always make sure my home clean before I leave my home.

You need to drink after you eat.

When you shouted at my sister, she cried.

Although it is good idea, it is not what we are looking for.

Correlative Conjunction

Jenis kata sambung dalam bahasa Inggris ini berbentuk pasangan conjunction, seperti not only/but also, either/or, neither/nor, both/and.

Contoh :

I not only write the lyrics but also compose the music (Harus terstruktur. Pada kalimat ini, setelah not only dan but also adalah verb + noun phrase).

I will buy both the chocolate cake and the strawberry cake.

Either you give my suitcase or I scream!

Neither my mother nor my father speak English.

Both my dog and my cat play together.

Sekian materi mengenai kata sambung dalam bahasa Inggris. Semoga artikel mengenai kata sambung dalam bahasa Inggris ini bermanfaat, ya!

(Baca Juga : 4 Jenis Kalimat Bahasa Inggris Berdasarkan Fungsinya

Search Keywords : kata sambung dalam bahasa inggris, conjunction bahasa inggris, kata penghubung dalam bahasa inggris, kata sambung , bahasa inggris, conjunction dalam bahasa inggris, kata penghubung bahasa inggris, kata sambung bahasa inggrismateri conjunction, contoh kata penghubung dalam bahasa inggris, contoh kata sambung dalam bahasa inggris, conjunction lengkap, contoh kata penghubung bahasa inggris, kata penghubung dalam bahasa inggris beserta artinya, kata kata penghubung dalam bahasa inggris, materi conjunction dalam bahasa inggris, contoh kata penghubung dalam bahasa inggris dan artinya, sambung bahasa inggris, contoh kata sambung bahasa inggris

Posting Komentar

0 Komentar