Advertisement

Coba Terapkan Tips Lancar Ngomong Bahasa Inggris Ini!

Ingin Ngobrol Lancar Sama Bule? Coba Terapkan Tips Lancar Ngomong Bahasa Inggris Ini!

Ingin Ngobrol Lancar Sama Bule? Coba Terapkan Tips Lancar Ngomong Bahasa Inggris Ini! - Untuk bisa mahir berbicara bahasa Inggris butuh waktu yang banyak dan tentunya juga usaha yang tidak sedikit sehingga banyak orang yang berpikir bahwa tidak mungkin untuk bisa sampai ke tahap mahir. Tetapi, setiap tahunnya banyak juga orang yang bisa sampai ke tahap mahir, dan dengan kegigihan, kamu pasti juga bisa sampai tahap fasih atau mahir. Berikut adalah tips lancar ngomong bahasa Inggris supaya kamu tidak kagok ketika lagi ngobrol sama bule :

Pilih Kiblat Bahasa Inggris yang Ingin Kamu Pilih

Sebelum menerapkan tips lancar speaking english, kamu sebaiknya menentukan kiblat bahasa Inggris mana yang ingin kamu kuasai karena hal ini akan membuatmu bisa lebih fokus dan lebih terarah ketika menerapkan cara lancar ngomong bahasa inggris. Pada dasarnya, ada 2 jenis bahasa Inggris yang biasa dijadikan kiblat dalam belajar bahasa Inggris, yaitu British English dan American English. Untuk membantumu dalam menentukan kiblat bahasa Inggris mana yang kamu suka, kamu bisa cek postingan ini untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis bahasa Inggris tersebut.

Kuasai Banyak Kosakata Bahasa Inggris

Tips kedua cara ngomong bahasa Inggris lancar adalah menghafalkan banyak kosakata bahasa Inggris. Penguasaan banyak kosakata bahasa Inggris memiliki pengaruh penting karena jika kamu tidak hafal banyak kosakata bahasa Inggris, kamu akan kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris, dan pada akhirnya malah menggunakan filler words bahasa Inggris yang tidak penting, seperti eeee... hhmmmm..., dan lain-lain. Jika kamu ingin tips menghafal kosakata bahasa Inggris, langsung cek postingan ini, ya!

Membaca Dengan Lantang

Selanjutnya, cara cepat ngomong bahasa inggris adalah membaca bacaan bahasa Inggris dengan lantang. Ketika kamu membaca bacaan bahasa Inggris, usahakanlah untuk membacanya dengan lantang atau jangan dibaca dalam hati. Tujuannya adalah supaya lidah kamu menjadi terbiasa dalam mengucapkan kalimat bahasa Inggris.

Kegiatan membaca bacaan bahasa Inggris ini sebenarnya bisa mendatangkan banyak manfaat. Selain membiasakan lidah kamu dengan teks bahasa Inggris, kamu juga akan mendapat pengetahuan dari bacaan yang kamu baca dan sekaligus bisa menemukan banyak kosakata baru yang bisa menambah daftar kosakata bahasa Inggris kamu.

Kelilingi Dirimu dengan Bahasa Inggris Setiap Hari

Tips selanjutnya tentang cara agar bisa ngomong bahasa inggris adalah kelilingi dirimu dengan bahasa Inggris setiap hari. Belajar bahasa Inggris sejam per minggu sekali sebenarnya tidak begitu pengaruh terhadap progres belajar bahasa Inggrismu. Cara yang sebenarnya terbaik adalah dengan belajar bahasa Inggris setiap hari walaupun cuma beberapa menit.

Dalam belajar bahasa, ada satu metode spesial yang disebut 'immersion'. Metode ini dilakukan dengan cara membiasakan diri berinteraksi dengan bahasa Inggris sebanyak mungkin setiap hari.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti mengubah pengaturan bahasa HP-mu ke bahasa Inggris, menonton video Youtube berbahasa Inggris, mendengarkan podcast/lagu berbahasa Inggris, membaca berita dalam bahasa Inggris, bikin diary dalam bahasa Inggris, baca film dengan subtitel/audio bahasa Inggris, dan lain-lain. Dengan melakukan cara ini, telinga akan terbiasa dengan bahasa Inggris sehingga mulutmu pun tidak begitu gugup.

Luangkan Waktu Untuk Praktik Ngomong Bahasa Inggris

Tips lancar ngomong bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan meluangkan waktumu untuk praktik ngomong bahasa Inggris. Cara ini bisa jadi yang paling efektif karena dengan cara ini, kamu akan terbiasa membuat kalimat bahasa Inggris dan berpikir dalam bahasa Inggris.

Untuk melakukan tips ini, kamu pasti butuh teman ngobrol bahasa Inggris, kan? Kamu bisa mencari partner ngobrol bahasa Inggris dari teman yang juga bisa belajar bahasa Inggris, cari native speakers yang sedang belajar bahasa Indonesia, atau cari partner dari aplikasi cari teman belajar bahasa Inggris, seperti Tandem Language Exchange, HiNative, dan lain-lain.

Tinggal di English Speaking Country

Tips cara cepat ngomong bahasa inggris lancar berikutnya adalah dengan tinggal di English speaking country. Jika kamu serius ingin berbicara lancar bahasa Inggris, kamu bisa belajar bahasa Inggris di negara di mana bahasa Inggris adalah bahasa utama, seperti US, UK, atau Australia. Tinggal di English speaking country juga membuatmu mau nggak mau ngomong bahasa Inggris, dan ini juga akan memaksa otakmu untuk berpikir dalam bahasa Inggris. Jika kamu punya uang lebih, kamu bisa mencoba tips ini karena sangat worth to try!

Perbanyak Latihan Listening Supaya Lancar Ngomong Bahasa Inggris

Dengan memperbanyak listening akan memberimu banyak kesempatan untuk memahami cara baca (pronounciation), logat/aksen (accent), intonasi, ritme, dan lain-lain. Dengan melakukan tips ini, kamu juga akan bisa imitasi cara bicara yang biasa native speakers lakukan.

Terakhir, Tips Lancar Ngomong Bahasa Inggris adalah Relax Saat Berbicara Bahasa Inggris

Nervous adalah hal yang wajar saat kamu mencoba pertama kali berbicara bahasa Inggris dengan bule. Namun, supaya kamu bisa bercakap-cakap dengan lancar dalam bahasa Inggris, cobalah untuk tenang. Jika kamu tenang, maka apa yang coba kamu katakan dalam bahasa Inggris pun akan lebih mudah dikeluarkan.

Jika kamu panik, pikiranmu pun akan mudah menjadi blank, dan akhirnya kamu malah jadi frustrasi sendiri. Jadi, cobalah untuk ngobrol dengan santai. 

Demikian tips lancar ngomong bahasa Inggris. Dengan membaca postingan ini, berarti kamu punya kegigihan besar untuk fasih berbahasa Inggris. Untuk meyakinkanmu untuk terus belajar bahasa Inggris, kamu bisa cek 5 manfaat belajar bahasa Inggris.

Search Keywords : tips lancar ngomong bahasa inggris, cara mudah ngomong bahasa inggris, cara ngomong bahasa inggris dengan lancar, cara belajar ngomong bahasa inggris, cara belajar ngomong bahasa inggris, cara cepat bisa ngomong bahasa inggris, cara cepat belajar ngomong bahasa inggris, tips mahir bahasa inggris, tips speaking bahasa inggris

Posting Komentar

0 Komentar