Advertisement

Tahu Tentang Mealprep? Ini 3+ Cara Membuat dan Manfaatnya untuk Kesehatan Anda

Apa itu mealprep? Sebelum mengetahui tentang hal ini, Anda perlu tahu beberapa hal tentang persiapan menu makanan. Kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Untuk melakukan aktivitas sehari-harinya. 

Demi menunjang kesehatan tersebut, maka ada beberapa makanan-makanan mealprep yang harus di konsumsi. Terlebih, cuaca sehari-harinya sering berubah-ubah, maka ini menjadi pilihan terbaik untuk bekal dalam seminggu. 

Namun pada kenyataannya, dalam sehari-hari kita tidak konsisten mengaplikasikannya. Sehingga, harus adanya komitmen kuat untuk lebih baik lagi, dengan cara membuat jadwal sehari-harinya demi menjaga rutnisi tubuh yang sehat, segar dan bugar. Begitupun, kamu yang bekerja sehari-hari di luar ruangan, maka solusinya adalah mengkonsumsi makanan sehat dengan kebiasaan yang baik dan benar. Nah, solusinya dengan cara mengkonsumsinya untuk bekal seminggu. 

Apa Sih, yang Dinamakan Mealprep? 

Mealprep adalah singkatan dari mealpreparation. Yaitu cara menyediakan bahan makanan dalam jumlah banyak untuk bekal tertentu, misalnya dalam jangka waktu seminggu. Cara ini sangat menghemat waktu dan tenaga saat memasak. Sebagai cara kamu yang memiliki pekerjaan yang banyak dan padat. Cobalah dengan cara ini!

Baca Juga : Manfaat Gaya Hidup Minimalis dan Zero Waste

Jadi, semuanya mudah, tidak makan waktu, tempat dan malah menghemat tenaga. Tinggal mengambil stok makanan yang sudah di buat sesuai jadwal. Mengambil satu stok masakan yang sudah di olah. Makanan siap saji dan memakan waktu yang singkat. Mudah, kan? Kalau mau makan, tinggal ambil makanan yang sudah di olah sesuai.

Inilah pentingnya mealprep, sayangi hidup yang penuh makna. Agar tidak menyesal di kemudian hari. Bekerja sehari-hari memang bagus luar biasa, alangkah baiknya menjaga kesehatan dengan dengan cara membuatnya. Manfaatnya luar biasa, khasiatnya penuh rasa bahagia karena kerja enak, tubuhpun kuat akan nutrisi yang bagus. Lalu, bagaimana cara melaksanakan dan membuat mealprep?

1. Membuat Mealplan untuk Mealprep

Sebelum melaksanakan meal prep, hal yang harus kamu lakukan adalah merencanakan sebaik-baiknya tentang konsepnya sesuai jadwal yang dibuat. Dengan cara menulis menu makanan sehat serta selera makananmu sendiri. 

Artikel Lainnya : Tips Work Life Balance

Sangat penting, kamu harus mengetahui makanan kesekaanmu,  namun harus berkaitan dengan makanan yang sehat untuk nutrisi tubuhmu. Karena, manfaatnya sangat besar bagi kesehatan. Kemudian, menentukan sumber makanan yang mengandung vitamin, karbohidrat kompleks, dan mikronutrien. 

2. Memilih Bahan Makanan

Inilah salah satu kelebihan Mealprep, kamu bisa memilih sesuai dengan selera makanan kesukaanmu. Pastikan, makanan yang kamu pilih itu, makanan yang memiliki nutrisi bagi tubuh. Makanan yang menyehatkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan.

3. Mengelompokkan Makanan 

Kelompokkan makanan sesuai jadwal yang sudah di buat. Kemudian, sesuaikan dengan urutan waktu yang sudah ada.  Kemudian, memilih wadah yang berkualitas sebagai tempat untuk menaruh makanan tersebut. Setelahnya, di urutkan mana makanan yang akan dikonsumsi lebih dahulu dan yang dikonsumsi kemudian dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

4. Memastikan Manfaatnya Bisa Dirasakan

Setelah melakukan persiapan, jangan lupa pastikan manfaatnya bisa dirasakan. Adapun manfaatnya antara lain bisa menghemat biaya makanan, membantu tubuh mendapatkan nutrisi setiap hari, tubuh mendapatkan gizi setiap minggu, waktu bisa teratur terutama bagi kamu yang banyak kerja. Bahkan,  berat badan terkontrol karena makanan lemak juga terjaga aturannya. 

Tunggu apalgi? Jadikan mealprep untuk makin sehat. Tujuannya agar tertata kebutuhan nutrisi tubuh, sehingga tidak mengakibatkan penyakit di kemudian hari. Dari situlah, kalau bukan sekarang melakukan mealprep, kapan lagi? Tubuh sehat, pikiranpun cermat! 

Posting Komentar

0 Komentar