Advertisement

Descriptive Text: Definisi, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Contoh

Descriptive Text

Descriptive Text: Definisi, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Contoh - Sebagai pelajar bahasa Inggris, ada 13 jenis teks bahasa Inggris yang harus kamu ketahui, di antaranya adalah report text, narrative text, procedure text, descriptive text, dan masih banyak lagi. Salah satu jenis teks bahasa Inggris yang sering kali kamu temui dalam kehidupan sehari-hari adalah descriptive text.

Sering kali tanpa sengaja, kamu pasti setidaknya pernah membuat satu deskripsi, walaupun bukan dalam bentuk descriptive text, seperti saat kamu meminta adikmu untuk mencarikan bajumu yang sudah lama tidak kamu pakai. Kamu pasti secara tidak sadar mendeskripsikan baju yang kamu maksud, seperti warna bajunya apa, modelnya seperti apa, bahannya yang bagaimana, dan lain-lain. Apa yang kamu deskripsikan tersebut bisa kamu jadikan descriptive text.

Teks deskriptif atau descriptive text ini juga sering kali digunakan oleh para penulis cerita atau penulis fiksi karena descriptive text ini sangat membantu para penulis fiksi untuk mendeskripsikan tokoh, mendeskripsikan lokasi, dan mendeskripsikan hal lainnya. Oleh karena itu, seorang penulis fiksi juga harus mengetahui cara menulis descriptive text yang baik sehingga apa yang mereka tulis bisa dipahamai oleh pembaca mereka dengan baik pula.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah maupun kuliah, descriptive text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris yang dimasukkan dalam kurikulum pelajaran dengan tujuan untuk membantu para pelajar membuat tulisan yang bagus. Untuk membuat descriptive text dalam bahasa Inggris pun ada hal-hal yang harus diperhatikan, seperti struktur descriptive text dan kaidah kebahasaan descriptive text.

Jika kamu punya keinginan untuk bisa menulis descriptive text yang baik, simak postingan mengenai descriptive text ini sampai akhir, ya!


Pengertian Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Menurut kamus Cambridge, kata descriptive memiliki arti "mendeskripsikan sesuatu dengan detail dan menarik". Jadi, descriptive text adalah teks bahasa Inggris yang isinya mendeskripsikan suatu hal dengan detail dan menarik.

Umumnya, objek yang dijelaskan dalam descriptive text dapat berupa objek seperti benda, tempat, atau seseorang, dan isi descriptive text berupa ciri-ciri fisik, sifat, dan lain-lain mengenai objek tersebut.

Lalu, apa bedanya report text dan descriptive text? Report text menjelaskan suatu objek secara umum dan berdasarkan hasil penelitian, sedangkan descriptive text menjelaskan suatu objek secara subjektif dan umumnya objek dalam descriptive text adalah objek-objek seperti hewan peliharaan pribadi, buku favorit, idola, dan hal semacam itu.


Tujuan Descriptive Text

Tujuan dari descriptive text adalah untuk menjelaskan, mendeskripsikan, dan menggambarkan suatu objek secara detail. Oleh karena itu, descriptive text ditulis secara singkat namun dengan bahasa yang lugas sehingga lebih mudah dipahami.


Struktur Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris

Belajar mengenai teks bahasa Inggris tanpa mengetahui strukturnya rasanya agak kurang, terlebih setiap teks pasti punya aturan struktur sendiri. Oleh karena itu, berikut adalah penjelasan generic structure dari descriptive text.

Struktur descriptive text ada 2, yaitu identification dan description.

Identification

Identification biasanya berada pada paragraf awal. Pada paragraf ini biasanya berisi penjabaran mengenai objek apa yang akan dideskripsikan sehingga isinya masih berupa informasi umum.

Jadi, bagian ini masih berupa pengenalan secara umum mengenai objek yang akan dideskripsikan, sebelum mendeskripsikan secara rinci mengenai objek tersebut pada paragraf selanjutnya.

Description

Description berada pada paragraf 2 dan selanjutnya. Pada bagian ini mulai berisi deskripsi secara detail dan spesifik mengenai objek yang ingin dideskripsikan tersebut, seperti ciri fisiknya, kebiasaannya, sifatnya, dan lainnya yang berkaitan dengan objek tersebut.

Biasanya, seseorang akan memanfaatkan 5 panca indranya sebagai guideline untuk membuat bagian description ini.


Ciri-ciri Descriptive Text (Kaidah Kebahasaan Descriptive Text)

- Objeknya berupa specific participant

Maksudnya, objeknya bukan yang secara umum, melainkan objek tertentu yang unik, seperti kamar tidurku, adik perempuanku, teman foreigner-ku, dan lain-lain.

- Menggunakan banyak adjective (kata sifat)

Descriptive text identik dengan penggunaan banyak kata sifat yang pastinya digunakan untuk menggambarkan secara detail objek yang dideskripsikan.

- Menggunakan simple present tense

Tense yang digunakan pada descriptive text adalah simple present tense karena apa yang ditulis dalam descriptive text adalah fakta. 

- Menggunakan banyak linking verb

Linking verb digunakan untuk menghubungkan subjek kalimat dan deskripsinya yang berupa adjective. Contoh linking verb adalah to be, seem, look, dan lain-lain.

- Menggunakan action verb

Kata kerja ini menunjukkan kegiatan.


Contoh Descriptive Text Bahasa Inggris

Supaya lebih paham mengenai descriptive text, simak contoh descriptive text tentang guru bahasa Inggris favorit berikut:

My Favorite English Teacher

My English teacher is my favorite teacher at school. She is the most excellent teacher I've ever had. She is the reason I love English now.

My English teacher is a woman. Ma'am Sari is her name. Ma'am Sari is easily identified at school since she constantly wears large red cat-eye glasses that are quite eye-catching. She is Muslim and wears a hijab. She has pale complexion, a little overweight physique, and is around 150 cm tall.

My English teacher is always really amusing in class. She constantly makes my friends laugh with her unique joking style that distinguishes her from other teachers. Furthermore, she always manages to make every English class, which my peers say are tough before meeting her, easy to grasp. As a result, she is also well-liked by my other pals.

Penjelasan:

Paragraf pertama descriptive text tersebut sudah jelas adalah bagian identification. Pada paragraf tersebut dijelaskan pengenalan secara singkat mengenai objek apa yang akan dideskripsikan.

Paragraf 2 dan 3 descriptive text tersebut adalah description. Paragraf 2 fokus pada ciri fisik, sedangkan paragraf 3 fokus pada keahliannya ketika mengajar bahasa Inggris.


Kesimpulan

Itulah materi mengenai pengertian, tujuan, struktur, kaidah kebahasaan, dan contoh singkat dari descriptive text. Menurutmu, membuat descriptive text mudah, nggak? Jika kamu ingin menulis descriptive text dengan baik, kamu juga perlu banyak membaca sehingga kosakata yang kamu gunakan bisa bervariasi.

Oiya, jika temanmu ada yang membutuhkan materi descriptive text, jangan lupa bagikan postingan ini ya.

Okey, sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar

0 Komentar