Advertisement

Penjelasan 13 Jenis Teks Bahasa Inggris

teks bahasa inggris

Penjelasan 13 Jenis Teks Bahasa Inggris - Halo, pelajar hebat! Sudah siap belajar materi baru? Masih semangat belajar bahasa Inggris, kan? Pada postingan ini, kamu akan belajar mengenai text bahasa Inggris, dan di akhir materi kamu diharapkan dapat memahami berbagai jenis teks bahasa Inggris.

Ketika belajar bahasa Inggris, membaca (reading) adalah salah satu skill bahasa Inggris yang perlu kamu kuasai, selain menulis (writing), berbicara (speaking), dan mendengarkan (listening). Bahkan ketika kamu melakukan tes TOEFL, IELTS, atau TOEIC, kemampuan membaca adalah skill yang paling penting harus kamu kuasai karena semua pertanyaan yang kamu jawab harus didasarkan pada teks bahasa Inggris.

Dilansir dari Twinkl, teks adalah kumpulan kalimat yang dibuat dengan tujuan tertentu, seperti memberikan informasi, menyampaikan ide, atau menyampaikan pesan. Dilihat dari tujuannya, strukturnya, dan kaidah bahasanya, secara besar teks bahasa Inggris dapat dibagi menjadi 3 bagian, seperti yang bisa kamu lihat pada gambar berikut.

teks bahasa inggris

Masing-masing teori kebahasaan mungkin membagi macam-macam teks bahasa Inggris secara tidak sama. Namun, pada umumnya teks bahasa Inggris diklasifikasikan menjadi 13 jenis. Macam-macam teks bahasa Inggris ini disebut dengan types of text, genre, atau kinds of text, bukan text forms.

Lalu, apa perbedaan di antara ke-13 jenis teks bahasa Inggris tersebut? Simak penjelasannya berikut :

Teks Bahasa Inggris: Descriptive text

Jenis teks bahasa Inggris ini dapat kamu gunakan untuk menyusun teks bahasa Inggris yang berisi deskripsi secara detail mengenai sebuah objek. Objek tersebut bisa berupa orang, benda, hewan, tempat, dan lain-lain.

Saat membaca jenis teks bahasa Inggris ini, kamu akan mendapatkan gambaran secara rinci mengenai objek yang sedang dideskripsikan meskipun kamu sendiri sedang tidak melihat objek tersebut. Dengan kata lain, descriptive text dalam bahasa Inggris dibuat dengan tujuan supaya pembaca mendapat gambaran mengenai ciri-ciri, suasana, atau bentuk dari suatu objek.

Contoh judul descriptive text adalah :

- My Grandma's house

- My Family

- My Beautiful Garden

Report Text Bahasa Inggris

Report text adalah jenis teks bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk membuat teks bahasa Inggris mengenai sebuah objek yang dijelaskan secara detail sesuai dengan fakta umum yang ada. Yang membedakannya dengan descriptive text adalah report text menjelaskan sebuah objek secara umum, sedangkan descriptive text tidak menjelaskan sebuah objek yang tidak secara umum.

Contohnya :

- Dalam descriptive text, kamu mendeskripsikan mengenai 'my dog' (seperti namanya, jenis anjingnya, ciri-cirinya, sifatnya, dan lain-lain). Sedangkan dalam report text, kamu menjelaskan mengenai 'dog' (ciri-ciri fisiknya secara umum, di dunia ada berapa jenis anjing, dan lain-lain).

Teks Bahasa Inggris: Procedure Text

Jenis teks bahasa Inggris ini berisi langkah-langkah atau intruksi untuk membuat sesuatu atau cara melakukan sesuatu. Teks prosedur bahasa Inggris ini bisa disebut juga sebagai tutorial.

Jika kamu ingin menyusun teks bahasa Inggris ini, kamu perlu memperhatikan struktur teksnya supaya tidak membuat bingung pembacamau.

Teks Bahasa Inggris: Explanation Text

Explanation text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris yang berisikan informasi mengenai proses terjadinya suatu hal, umumnya berupa fenomena alam/sosial/budaya atau ilmu pengetahuan. Isi dalam text bahasa Inggris ini biasanya berupa penjelasan sebab akibat atau memaparkan secara lengkap bagaimana sesuatu bisa terjadi.

Teks Bahasa Inggris: Review Text

Jenis teks bahasa Inggris ini bisa kamu gunakan untuk memberikan komentar, evaluasi, atau ulasan mengenai suatu hal. Umumnya, review text digunakan untuk meng-review sebuah karya (seperti buku, film, atau musik) atau produk (seperti barang atau makanan).

Untuk membuat teks bahasa Inggris berupa review text, kamu perlu mengetahui cara membuatnya supaya ulasan yang kamu berikan dapat tersusun dengan rapi.

Teks Bahasa Inggris: Narrative Text

Jenis teks bahasa Inggris ini berisi kisah atau cerita yang memiliki alur sehingga berisi konflik-konflik dengan klimaks hingga solusinya. Sifatnya memang imajinatif dan fiktif serta memang dibuat dengan tujuan menghibur para pembaca.

Jadi, novel, cerita pendek, dan dongeng termasuk dalam jenis narrative bahasa Inggris.

Teks Bahasa Inggris: Recount Text

Jenis teks bahasa Inggris selanjutnya recount text. Teks bahasa Inggris ini digunakan untuk menceritakan kembali peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau.

Antara narrative text dan recount text mungkin terkesan mirip karena sama-sama berisi cerita. Namun, sebenarnya keduanya berbeda. Narrative bersifat imajinatif/fiktif dan isinya berfokus pada konflik. Sedangkan recount text biasanya berupa pengalaman masa lalu dan isinya fokus pada peristiwa-peristiwa bukan pada konflik.

Teks Bahasa Inggris: News Item Text

Teks berita dalam bahasa Inggris disebut juga dengan news item text. Jenis teks bahasa Inggris ini berisi informasi terupdate dan teraktual mengenai suatu peristiwa. Jadi, koran ataupun berita-berita di media digital termasuk dalam news item text.

Teks Bahasa Inggris: Spoof Text

Spoof text adalah jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan sebuah kisah dengan akhir cerita lucu karena terjadi secara tidak terduga atau mengandung plot twist. Jadi, tujuan dari jenis text bahasa Inggris ini adalah untuk menghibur pembaca.

Jenis Teks Bahasa Inggris: Anecdote Text

Pengertian teks anekdot dalam bahasa Indonesia dan anecdote text dalam bahasa Inggris ternyata berbeda.

Dalam bahasa Indonesia, teks anekdot adalah teks yang berisi cerita singkat berupa sindiran/kritikan terhadap kebijakan/layanan publik/perilaku pemerintah/fenomena. Sedangkan dalam bahasa Inggris, anecdote text adalah teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali suatu peristiwa yang tidak biasa atau aneh baik peristiwa yang benar-benar terjadi atau hanya imajinasi.

Media cetak seperti koran biasanya memiliki kolom sendiri untuk anecdote text.

Analytical Exposition Text

Analytical exposition text adalah teks eksposisi bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan untuk menyusun teks bahasa Inggris yang berisi pendapat/opini terhadap suatu fenomena, peristiwa penting, atau isu yang tengah ramai di masyarakat.

Hortatory Exposition Text

Jenis teks bahasa Inggris ini hampir mirip dengan analytical exposition text. Yang membedakannya adalah hortatory exposition text adalah teks eksposisi bahasa Inggris yang tidak hanya berisi pendapat mengenai suatu fenomena, tetapi juga berisi ajakan/bujukan terhadap pembaca bagaimana fenomena tersebut diselesaikan.

Discussion Text

Discusstion text adalah jenis teks bahasa Inggris yang mirip-mirip juga dengan analytical exposition text dan hortatory exposition text. Yang membedakannya adalah bahwa opini/pendapat yang disampaikan berasal dari dua sudut pandang, yaitu pro dan kontra, dan biasanya juga disampaikan oleh lebih dari satu orang.

Kesimpulan

Nah, sekian ringkasan penjelasan 13 jenis teks bahasa Inggris yang meliputi descriptive text, report text, procedure text, explanation text, review text, narrative text, recount text, news item text, spoof text, anecdote text, analytical exposition text, hortatory exposition text, dan discussion text. Jika kamu memahami macam-macam teks bahasa Inggris, tentunya akan mempermudah kamu dalam membaca text bahasa Inggris ketika sedang ujian kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, dan TOEIC.

Untuk bisa menguasai cara menulis teks bahasa Inggris yang baik sesuai dengan jenisnya, kamu bisa mengunjungi postingan terpisah mengenai struktur dan kaidah penulisan yang sudah dicantumkan di setiap poin jenis teks bahasa Inggris.

Perlu diingat bahwa pembagian macam-macam teks ini bukan berarti kamu tidak bisa menggabungkan beberapa jenis teks bahasa Inggris ke dalam 1 tulisan. Kamu bisa mengkombinasikan lebih dari 1 jenis teks bahasa Inggris untuk bisa mencapai tujuan kamu dari menulis sesuatu.

Terima kasih sudah mengunjungi postingan ini. Semoga bermanfaat, ya!