Advertisement

Penjelasan Macam-macam Clause Dalam Bahasa Inggris

Macam-macam Clause Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan Macam-macam Clause Dalam Bahasa Inggris - Clause adalah hal penting untuk dipahami saat kamu ingin mahir menyusun kalimat bahasa Inggris. Pada postingan 4 Jenis Kalimat Bahasa Inggris (Berdasarkan Strukturnya), kamu telah mempelajari secara singkat jenis-jenis clause. Pada postingin ini, kamu akan mempelajari macam-macam clause dalam bahasa Inggris secara lengkap dan contoh clause dalam bahasa Inggris. Simak materi ini sampai selesai, ya!

(Baca Juga : Ucapan Terima Kasih Bahasa Inggris Gaul dan Sopan)

Apa Itu Klausa Inggris?

Mengutip dari English with Ashish, clauses in English adalah sekelompok kata yang terdiri dari satu subject dan satu verb. Subject dari clause bisa muncul atau disembunyikan, namun verb dari clause harus selalu muncul. Simak terus sampai bawah untuk contohnya, ya!

Macam-macam Clause Dalam Bahasa Inggris

Setelah memahami apa itu klausa inggris, sekarang kamu perlu mengetahui jenis-jenis clause dalam bahasa Inggris. Pada dasarnya, clause ada 2 macam, yaitu independent clause (main clause) dan dependet clause (subordinate clause). Apa itu dependent dan independent clause?

Independent Clause

Disebut juga main clause, independent clause adalah clause yang bisa berdiri sendiri tanpa memerlukan tambahan clause lainnya. Karena dapat berdiri sendiri, independent clause bisa berfungsi sebagai sentence.

Contoh independent clause dalam kalimat beserta artinya:

- He prefers watermelons to grapes (Dia lebih memilih semangka daripada anggur) = Ada 1 kalimat independent clause. Bisa disebut juga simple sentence.

- I love that shoes, but I am broke (Aku suka sepatu itu, tapi aku lagi nggak ada uang) = Disebut juga compound sentence karena ada 2 independet clause yang dihubungkan oleh coordinating conjunction.

- Write it down, please (Tolong tulis) = subject 'you' disembunyikan.

- I watch the movie (Aku nonton film itu).

- Hans cannot hold back his tears (Hans tidak bisa menahan air matanya).

Dependent Clause

Dependent clause adalah clause yang tidak bisa berdiri sendiri sehingga perlu nempel ke independent clause. Clause ini disebut juga subordinating clause karena untuk nempel ke independent clause, perlu membutuhkan subordinators yang berupa subordinating conjunction, relative pronoun, dan noun clause marker).

Contoh dependent clause dalam kalimat beserta artinya:

- When she was on the way to her school, she had an accident (Ketika dia lagi perjalanan ke sekolahnya, dia kecelakaan) = dihubungkan oleh subordinating conjuntion.

- I see the man who took your laptop (Aku melihat laki-laki yang mengambil laptopmu) = dihubungkan oleh relative pronoun.

- I like the bag that you just bought (Aku suka tas yang baru saja kamu beli) = dihubungkan oleh noun clause marker.

- Don't move the sofa until I go home (Jangan pindahkan sofanya sampai aku pulang ke rumah).

- Whether it rains or not, they keep going to swim (Hujan atau tidak, mereka tetap pergi berenang).

Apa Perbedaan Sentence, Clause, dan Phrase?

Sentence, Clause, dan Phrase hampir mirip, yaitu kumpulan dari beberapa kata. Namun ketiganya tentunya berbeda, dilihat dari sifat dan kegunaannya.

- Sentence adalah kumpulan kata yang terdiri dari subject dan verb serta bisa berdiri sendiri karena sudah mengandung a complete idea.

- Clause adalah kumpulan kata yang terdiri dari subject dan verb, tetapi tidak semua clause bisa berdiri sendiri berfungsi sebagai sentence. Independent clause bisa disebut sebagai sentence karena bisa berdiri sendiri, sedangkan dependent clause adalah sentence yang tidak bisa berdiri sendiri. Untuk lebih memahami bagaimana suatu sentence terbentuk dari jenis-jenis clause ini, silakan baca 4 Jenis Kalimat Bahasa Inggris (Berdasarkan Strukturnya).

- Phrase adalah sekelompok 2 kata atau lebih yang tidak bisa dianggap sebagai kalimat karena tidak mengandung subject dan verb.

Itulah penjelasan lengkap mengenai macam-macam clause dalam bahasa inggris. Semoga materi ini bermanfaat bagi kamu, ya!

(Baca Juga : Apa Perbedaan TOEFL, TOEIC, dan IELTS?)

Search Keywords : macam macam clause dalam bahasa inggris, apa itu klausa Inggris, apakah clause itu jelaskan secara singkat, apa itu main clause dan contohnya, apa itu dependent dan independent clause, jenis-jenis clause, contoh kalimat clause beserta artinya, contoh clause dalam bahasa inggris, clause artinya, clauses in english, 5 contoh clause, buat kalimat 10 clause dalam bahasa inggris, clause adalah dan contohnya

Posting Komentar

0 Komentar