Advertisement

4 Jenis Kalimat Bahasa Inggris (Berdasarkan Strukturnya)

4 Jenis Kalimat Bahasa Inggris (Berdasarkan Strukturnya)

4 Jenis Kalimat Bahasa Inggris (Berdasarkan Strukturnya) - Selain mempelajari tips lancar ngomong bahasa Inggris, kamu juga perlu mempelajari bagaimana membuat kalimat yang baik dalam bahasa Inggris jika ingin sukses menguasai bahasa Inggris. Seperti halnya dengan bahasa Indonesia, kalimat bahasa Inggris juga memiliki banyak jenis. Lalu, ada berapa jenis kalimat dalam bahasa inggris? Macam-macam sentences dalam bahasa inggris dapat ditinjau dari strukturnya, fungsinya, pengucapannya, polanya, unsur kalimatnya, tindakan subjectnya, dan kondisi sebenarnya. Pada kesempatan ini, kamu akan mempelajari 4 jenis kalimat bahasa Inggris berdasarkan strukturnya.

Pengertian Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Mengutip dari website English Grammar, kalimat adalah unit terbesar dari suatu bahasa dan didefinisikan sebagai sekelompok kata yang dirangkai untuk mengekspresikan ide. Dalam bahasa Inggris, sebuah kalimat diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda baca titik, tanda tanya, atau tanda seru.

Mengapa Perlu Mempelajari Jenis Kalimat Bahasa Inggris?

Dengan memahami betul jenis-jenis kalimat bahasa Inggris, speaking dan writing-mu akan terdengar atau terbaca lebih terstruktur. Mempelajari jenis kalimat bahasa Inggris juga dapat membantumu untuk bisa lebih jelas dan efektif dalam menyampaikan ide/pikiranmu kepada audiensmu. Sebelum lanjut ke materi 4 jenis kalimat bahasa Inggris berdasarkan strukturnya, kamu perlu membaca postingan mengenai Belajar Materi Parts of Speech Lengkap!

4 Jenis Kalimat Bahasa Inggris Berdasarkan Strukturnya

Untuk mempelajari kalimat bahasa Inggris berdasarkan strukturnya, kamu perlu mempelajari terlebih dahulu apa itu frasa dan klausa.

- Frasa adalah sekelompok 2 kata atau lebih dan tidak bisa dianggap sebagai kalimat. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai frasa, cek postingan ini.

- Klausa adalah sekelompok 2 kata atau lebih yang terdiri dari subject dan verb. Klausa sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu independent clause (klausa yang dapat berdiri sendiri) dan dependent clause (klausa yang diawali dengan subordinators sehingga tidak dapat berdiri sendiri). Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai klausa, cek postingan ini.


Contoh frasa : A hard frost

Contoh klausa : When my husband was sleeping (dependent clause), I check his phone (independent clause).


Lalu, apa saja struktur kalimat bahasa Inggris? Berdasarkan strukturnya, 4 jenis kalimat bahasa Inggris adalah simple sentence, compound sentence, complex sentence, dan compound-complex sentence.

4 Jenis Kalimat Bahasa Inggris Berdasarkan Strukturnya Beserta Contohnya

Simple Sentence

Simple sentence adalah kalimat yang hanya terdiri dari 1 independent clause saja.

Contoh :

- She finished her literature review.

- He is very impatient.

- A funeral is a sad occasion.

- We requires to wear a sombre black dress in the funeral.

- The company's centre office is in Paris, France.


Compound Sentence

Compound sentence adalah 2 kalimat independent clause yang dihubungkan oleh coordinating conjunction dan dipisahkan oleh koma.

Contoh :

- I always wanted to become a pilot (independent clause), but my parents disagree (independent clause).

- The robber plucked my purse out of my hand (independent clause), and he quickly ran off with it (independent clause).

- I want to hang this family picture on the wall next to the stairs (independent clause), but my husband opposes my idea (independent clause).

- I don't like curry (independent clause), but my mom cooks a chicken curry for dinner tonight (independent clause).

- She has the benefit of graduating from popular university (independent clause), yet he continues to work as a waiter (independent clause). 


Complex Sentence

Complex sentence adalah kalimat yang setidaknya terdiri dari 1 independent clause dan 1 dependent clause. Jika dependent clause di depan, maka harus dipisahkan oleh koma.

Contoh :

- Although she already finished her literature review (dependent clause), she has to do revision (independent clause).

- The doctor said I should start playing sport (independent clause) because I had few physical activities (dependent clause). 

- She has great ideas (independent clause) although I don't agree with them (dependent clause)

- She still comes to the party (independent clause) eventhough she has a lot of important schedulles (dependent clause).

- Because we are big family (dependent clause), our car has seating for eight people (independent clause).


Compound-Complex Sentence

Compound-complex sentence adalah kalimat yang setidaknya terdiri dari 2 independent clause dan 1 dependet clause.

Contoh :

- Because I was late (dependent clause), I couldn't enter the school (independent clause), and I need to wait till the ceremony is over (independent clause).

- I do not like the chicken soup (independent clause) that my mom cooks (dependent clause), but I still have to eat it (independent clause).

- The weather is so nice (independent clause), but I still cannot go to the park (independent clause) because my little sister suddenly threw up (dependent clause).

- That game is too hard (independent clause), but I would like to finish it (independent clause) before someone else do it (dependent clause).

- Once you know Diana better (dependent clause), she becomes talkative (independent clause), and she is not quiet (independent clause).


Demikian penjelasan mengenai 4 jenis kalimat bahasa Inggris berdasarkan strukturnya. Semoga postingan ini membantumu dalam bahasa Inggris, ya.

(Baca Juga : Apa Perbedaan TOEFL, TOEIC, dan IELTS?)


Search Keywords : 4 jenis kalimat bahasa inggris, apa saja jenis jenis kalimat, apa jenis struktur kalimat dalam bahasa Inggris, sentence dalam Bahasa Inggris ada berapa, pengertian kalimat dalam bahasa inggris, jenis-jenis kalimat dalam bahasa inggris beserta contohnya, macam macam sentence dan rumusnya, macam macam sentence dan contohnya

Posting Komentar

0 Komentar