Advertisement

Ketahui Tips Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris!

Ketahui Tips Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris!

Cappuccino English - Kamu tahu nggak, sih, ada berapa jumlah kosakata bahasa Inggris? Lalu, bagaimana cara menghafal kosakata bahasa Inggris yang benar?

Bahasa Inggris mempunyai ratusan ribu kosakata, dan hal tersebut bukan suatu yang mengherankan karena bahasa Inggris sendiri dulunya banyak menyerap berbagai bahasa lainnya di dunia, yang mana salah satunya adalah bahasa Perancis.

Umumnya, seorang native speaker mengetahui sekitar 20.000 kosakata, dan jumlah tersebut dapat naik hingga 40.000 kosakata jika native spekear tersebut menempuh pendidikan tinggi.

Jumlah kosakata bahasa Inggris yang mencapai ratusan ribu tersebut pasti membuat pelajar bahasa Inggris sedikit ketakutan. Soalnya, "bagaimana cara mengingat kosakata bahasa Inggris yang sebegitu banyaknya"?

Pertanyaan tersebut pun membawa ke pertanyaan selanjutnya, "apa itu artinya belajar bahasa Inggris itu hal yang tidak mungkin bisa dilakukan?"

Dari fakta tersebut dapat diketahui bahwa menguasai bahasa baru, baik bahasa Inggris atau bahasa lainnya, bukanlah hal mudah karena ada banyak tantangan yang harus dilewati untuk akhirnya bisa mahir layaknya seorang native speaker.

Setiap tantangan yang dihadapi masing-masing pun bisa berbeda-beda.

Contohnya, banyak pelajar bahasa Inggris yang sudah paham betul mengenai grammar bahasa Inggris, tapi ketika mereka dihadapkan dalam percakapan bahasa Inggris, mereka tidak tahu mau bicara apa karena jumlah kosakata bahasa Inggris mereka yang kurang.

Ada pula yang sudah menghafal kumpulan kosakata bahasa Inggris, tapi kerap kali lupa keesokannya.

Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

Jika kamu mengalami masalah yang serupa, yaitu kamu kesulitan menguasai kosakata bahasa Inggris dan juga bertanya-tanya bagaimana cara menghafal kosakata bahasa Inggris, maka artikel tentang cara menghafal kosakata bahasa Inggris ini pas buat kamu.

Berikut adalah strategi-strategi yang bisa kamu terapkan untuk menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat dan efisien.


Banyak Membaca


Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris


Saat ini ada berbagai banyak jenis bacaan yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah novel, majalah, koran, artikel, komik digital, dan lain-lain.

Kalau kamu ingin menambah kosakata bahasa Inggris dan menghafal kosakata bahasa Inggris namun dengan pemahaman yang baik, maka teruslah membaca.

Kamu bisa mulai dari membaca bacaan anak-anak berbahasa Inggris, dan bertahap ke bacaan dengan tingkat kesulitan kosakata yang tinggi.

Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak pula kosakata baru yang kamu temukan. Saat kamu menjumpai kosakata baru, hal selanjutnya yang kamu lakukan adalah membuka kamus untuk mencari arti dan makna kosakata baru tersebut. Kamu juga bisa menuliskannya ke dalam buku catatan yang khusus digunakan untuk menghafal kosakata bahasa Inggris.

Terlalu sering membuka kamus ketika sedang membaca mungkin bisa jadi hal yang tidak nyaman. Tapi, percayalah. Dengan melakukannya secara terus-menerus, jumlah kosakata bahasa Inggris kamu akan naik meroket.

Ditambah lagi, pemahamanmu mengenai setiap kosakata baru yang kamu temukan akan menjadi lebih baik karena kamu mempelajarinya secara konteks dari bacaan yang sedang kamu baca.

Selain bisa menghafal kosakata bahasa Inggris, melalui membaca, kamu juga akan mendapat banyak pengetahuan baru.


Menulisnya di Buku Catatan


Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris


Menambah kosakata bahasa Inggris baru beserta maknanya di buku catatan mungkin terkesan sangat kuno, terlebih di zaman sekarang yang mana semuanya sudah serba digital.

Tapi, sebenarnya ada manfaat yang bisa kamu dapatkan dari cara menghafalkan bahasa Inggris ini.

Banyak penelitian menyatakan bahwa mencatat informasi baru dengan pena atau pensil di buku catatan akan membuatmu lebih lama mengingat apa yang telah kamu tulis.

Meskipun sudah banyak penelitian yang membuktikannya, masih banyak yang tidak menggunakan cara menghafal kosakata bahasa Inggris ini. Alasannya bermacam-macam.

Ada yang beralasan bahwa menulis lebih butuh banyak waktu daripada mengetik. Ada pula yang beralasan mager menulis.

Jika kamu tidak suka menulis, ada banyak tips menghafal kosakata bahasa Inggris lainnya yang bisa kamu coba. Terus baca artikel ini sampai akhir ya.


Menggunakan Flashcard


Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris


Beberapa ahli berpendapat bahwa menggunakan flashcard merupakan cara menghafal kosakata bahasa Inggris yang efektif.

Namun, beberapa ahli berkata sebaliknya karena mereka berpendapat bahwa menggunakan flashcard tidak cukup efektif untuk menambah kosakata bahasa Inggris baru beserta dengan konteksnya.

Sebenarnya, menggunakan flashcard bisa jadi trik yang cukup efektif untuk menghafal kosakata bahasa Inggris jika kamu bisa segera menerapkannya ke dalam sebuah kalimat baru.

Misalnya, flashcard mu pada hari ini adalah paramount, yang artinya adalah 'lebih penting dari hal-hal penting lainnya'. Dari kosakata ini, kamu bisa membuat berbagai kalimat, entah kamu tulis langsung ke buku catatan atau kamu buat langsung dalam pikiranmu.

Dengan cara tersebut, usahamu untuk menghafal kosakata bahasa Inggris menggunakan flashcard pun bisa efektif.

Ada banyak aplikasi flashcard tersedia dalam smartphone mu jika kamu tidak sempat membuat flashcardmu sendiri. Di antaranya adalah TinyCards, Memrise, Quizlet, Anki, dan masih banyak lagi.

Beberapa aplikasi belajar kosakata bahasa Inggris juga menyediakan game kosakata bahasa Inggris sehingga proses menghafal kosakata menjadi lebih menyenangkan.


Selalu Siap Sedia Buku Catatan atau Flashcard


Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris


Ketika di luar rumah, kamu tidak tahu pada saat kapan kamu akan menjumpai kosakata baru bahasa Inggris, entah kamu melihatnya saat melewati papan iklan di jalan atau saat membaca buku berbahasa Inggris di dalam kereta.

Dengan siap sedia buku catatan atau flashcard, kamu bisa menambah vocabulary list mu setiap waktu.

Selain itu, kamu juga bisa membaca kumpulan kosakata bahasa Inggris  tersebut setiap saat, entah saat sedang bosan menunggu antrean panjang atau saat sedang menunggu temanmu.

Dengan membawa buku catatan atau flashcard mu setiap saat juga menunjukkan bahwa kamu berdedikasi tinggi untuk bisa fasih berbahasa Inggris.


Mempraktekkannya Langsung

Setelah kamu belajar kosakata bahasa inggris baru, cobalah untuk terus terpaku pada kosakata baru tersebut. Maksudnya, cobalah untuk langsung mempraktikkannya dalam kehidupanmu.

Contohnya, setelah kamu mempelajari kosakata bahasa Inggris yang berhubungan dengan salon, kamu bisa mendatangi salon orang asing yang bisa berbahasa Inggris dan mempraktikkan hafalan kosakata bahasa Inggris kamu, atau kamu bisa datang sekaligus melihat-lihat peralatan salon dan mengingat-ingat kembali apa bahasa Inggrisnya.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa mempraktikkannya dengan cara mengomentari video Youtube yang berkaitan dengan kosakata yang kamu pelajari ataupun membaca artikel yang berkaitan dengan kosakata yang kamu pelajari.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempraktikkan kosakata baru yang kamu pelajari. Tinggal temukan satu cara yang nyaman yang membuatmu semakin mudah menghafal kosakata bahasa Inggris.


Belajar Bareng Bersama Teman


Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris


Menghafal kosakata bahasa Inggris bersama teman bisa jadi kegiatan yang menyenangkan dan bisa jadi bikin mudah.

Ajak 1 temanmu yang juga tertarik untuk menghafal kosakata bahasa Inggris. Kamu dan temanmu bisa berlatih bersama dengan cara bertukar kosakata yang masing-masing telah dipelajari.

Tips ini bisa jadi sangat efektif karena kamu bisa belajar lebih banyak kosakata baru dengan cara yang menyenangkan.


Kesimpulan

Itulah beberapa cara menghafal kosakata bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan.

Di antara tips-tips di atas, tidak ada yang benar atau salah. Kamu sendirilah yang harus menemukan tips mana yang berhasil untuk dirimu sendiri. Yang terpenting adalah konsisten.

Ingat, setiap kosakata yang kamu pelajari merupakan satu langkah kecil berharga untuk kamu menuju fasih berbahasa Inggris. Jangan menyerah karena ada banyak manfaat belajar bahasa Inggris.

(Baca Juga : Tips Lancar Ngomong Bahasa Inggris)

Posting Komentar

0 Komentar