Advertisement

5 MANFAAT BELAJAR BAHASA INGGRIS DI MASA KINI!

5 MANFAAT BELAJAR BAHASA INGGRIS DI MASA KINI!

Cappuccino English - Fasih berbicara bahasa Inggris memang membawa keuntungan tersendiri karena sekarang penggunaan bahasa tersebut hampir bisa ditemukan di semua aspek kehidupan sehingga kamu pasti akan menemukan manfaat bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Sejak negara-negara besar seperti Amerika Serikat, United Kingdom, dan Singapura menguasai perekonomian dunia, penggunaan bahasa Inggris semakin meningkat, dan sekarang setiap orang semakin yakin akan pentingnya menguasai bahasa Inggris. Para pelajar bahasa Inggris juga yakin bahwa manfaat belajar bahasa Inggris akan terus ada hingga beberapa tahun kemudian.

Terhitung pada tahun 2022, 67 negara di dunia telah menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi di negara mereka, dan 27 negara telah menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua di negara mereka.

Hal ini menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa yang paling sering diucapkan, baik oleh native speaker ataupun non-native speaker, di mana lebih dari 1 milyar orang berbicara bahasa Inggris setiap harinya. Berdasarkan data dari The British Council, pada tahun 2020 lebih dari 2 milyar orang belajar bahasa Inggris. Berarti, banyak orang telah menyadari manfaat belajar bahasa Inggris untuk masa depan.

Baca Juga :




manfaat belajar bahasa inggris


Meskipun bahasa Inggris telah ditetapkan sebagai bahasa internasional, kemampuan bahasa Inggris orang Indonesia masih tergolong rendah. Indonesia berada di urutan ke-14 dari 28 negara Asia, dan berada di urutan 80 dari semua negara di dunia.

Tentu hal ini menjadikan sebuah prihatin karena rangking tersebut masuk dalam kategori rendah. Selain itu, hal ini juga menandakan bahwa banyak orang Indonesia yang masih belum sadar pentingnya mempelajari bahasa Inggris, padahal menguasai bahasa Inggris, terlebih di masa kini, pasti akan membawa banyak keuntungan.

Mengenai bahasa Inggris yang belum banyak dikuasai oleh orang Indonesia, sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkannya. Salah satunya adalah kurangnya motivasi untuk belajar bahasa Inggris.

Banyak orang Indonesia hanya ‘berinteraksi’ dengan bahasa Inggris ketika disuruh saja. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pelajar Indonesia yang hanya menggunakan bahasa Inggris untuk mengerjakan soal ujian, mendaftar pekerjaan, dan tes masuk sekolah.

Itu berarti mereka hanya belajar secara teori saja, dan jarang mempraktikkannya. Jadi, meskipun mereka paham teorinya, mereka tidak terlalu bisa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Karena bahasa Inggris menjadi sangat penting di era yang semakin maju ini, kamu harus mempertimbangkan untuk belajar bahasa Inggris dari awal.

Oleh karena itu, pada artikel ini admin akan mengulik 5 manfaat belajar bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan motivasi untuk mempelajari bahasa Inggris lebih mendalam lagi!


Bahasa Inggris Bisa Memperbesar Peluang Karirmu!


manfaat belajar bahasa inggris



Banyak yang menyebut bahasa Inggris sebagai the language of business karena bahasa tersebut sering digunakan di dunia bisnis, terlebih di era globalisasi saat ini.

Sekarang banyak perusahaan telah memperluas bisnisnya ke luar negeri atau mengadakan hubungan kerja sama dengan perusahaan luar negeri. Untuk melakukan hubungan bisnis tersebut, dibutuhkan satu bahasa bersama yang digunakan untuk berkomunikasi, dan bahasa tersebut adalah bahasa Inggris.

Perusahaan-perusahaan besar di dunia, seperti Samsung, Microsoft dan Airbus telah menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi mereka di kantor sehingga mereka pasti menginginkan pekerja yang lancar berbicara bahasa Inggris atau setidaknya dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara efektif.

Jadi, jika kamu ingin masuk ke perusahaan global seperti Google, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk mempelajari bahasa Inggris.

Sekarang banyak juga perusahaan multinasional dan perusahaan internasional yang mencari pekerja dengan keahlian bahasa Inggris tingkat tertentu sehingga menunjukkan sertifikasi bahasa seperti TOEFL/IELTS dalam proses rekrutmen adalah salah satu kualifikasi yang harus dipenuhi.

Walau tidak semua jenis pekerjaan memerlukan bahasa Inggris, menunjukkan sertifikasi bahasa Inggris dapat menjadi nilai plus bagi para pencari kerja karena akan menambah daya saing.

Jadi, manfaat belajar bahasa Inggris yang bisa kamu dapatkan dalam karirmu adalah kamu akan memiliki kesempatan untuk lebih sukses, dan kamu bisa mulai dengan mempelajari bahasa Inggris.


Kamu Bakal Lebih Enjoy Ketika Menonton Film Box Office!


manfaat belajar bahasa inggris



Tidak hanya film-film box office seperti film-film Marvel, lagu-lagu yang pernah berada di urutan pertama dunia seperti lagu Baby milik Justin Bieber atau buku paling laris di dunia seperti Harry Potter diproduksi menggunakan bahasa Inggris.

Ketika kamu menguasai bahasa Inggris, kamu akan bisa lebih menikmati film, lagu, atau buku berbahasa Inggris tersebut karena kamu pasti lebih paham mengenai konteks budayanya.

Memang ada beberapa karya-karya terkenal, seperti buku Harry Potter, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Namun pasti rasanya bakal berbeda dibanding dengan membaca bahasa aslinya langsung.

Jadi, manfaat belajar bahasa Inggris yang kamu dapatkan dari ini adalah kamu bakal lebih nyaman menikmati dunia entertainment tersebut.


Kamu Bisa Jelajahi Banyak Konten di Internet Dengan Nyaman!


manfaat belajar bahasa inggris



Jika kamu menguasai bahasa Inggris, kamu bakal lebih nyaman menikmati banyak konten dan lebih paham jutaan informasi yang ada di internet karena hampir sebagian besar konten atau website ditulis menggunakan bahasa Inggris.

Contoh manfaat belajar bahasa Inggris yang bisa kamu dapatkan dari poin ini adalah kamu bisa paham banyak artikel, mengerti maksud tweet/caption yang diunggah oleh selebriti favoritmu, atau berinteraksi dengan pengguna internet lainnya di kolom komentar Youtube.


Kamu Bisa Jadi Orang Yang Up-to-date!


manfaat belajar bahasa inggris



Saat ini dunia telah memasuki era industri 4.0, di mana teknologi digital menjadi kunci perkembangan industri di berbagai area. Lifestyle dan cara berinteraksi sudah berubah karena semuanya telah terotomatisasi.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu bisa lebih memahami bagaimana teknologi baru tersebut bekerja karena teknologi tersebut sering kali dipandu dalam bahasa Inggris.

Sehingga, kamu pun akan terlihat mahir dan tidak akan terlihat kagok ketika mencoba teknologi baru karena teknologi terbaru sering diatur dalam bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Berita-berita terbaru di dunia yang paling pertama dirilis pun sering menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa menjadi orang yang up-to-date jika kamu menginginkannya.


Kamu Bisa Lebih Pintar, Loh!


manfaat belajar bahasa inggris




Menguasai bahasa Inggris berarti menjadikanmu sebagai seorang bilingual karena kamu mampu menguasai 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Berdasarkan penelitian, mempelajari bahasa baru dapat mengubah struktur otakmu dalam hal baik karena bagian otak yang berhubungan dengan ingatan, pikiran sadar, dan bagian-bagian otak lainnya bekerja secara aktif.

Hal ini membuat otakmu menjadi lebih kuat dan lebih sehat bahkan hingga di umur tua. Tentunya, manfaat ini tidak hanya terbatas pada bahasa Inggris saja, melainkan secara umum bahasa baru apapun itu.

Manfaat belajar bahasa Inggris dalam dunia pendidikan pun bisa kamu peroleh karena dengan fasih berbahasa Inggris kamu akan membuka banyak jalan untuk dirimu sendiri ke berbagai banyak kesempatan dan pengalaman.

Contohnya, kamu jadi bisa belajar jurnal atau literatur dari berbagai lembaga internasional dengan tingkat kredibilitas yang tinggi karena kebanyakan artikel-artikel berkualitas ditulis dalam bahasa Inggris.

Kamu juga bisa berkesempatan untuk belajar ke negara yang memiliki kualitas pendidikan lebih baik, dan dari sini kamu akan bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda dari kebanyakan orang pada umumnya.

Jadi, jika kamu tidak bisa bahasa Inggris sedikit pun, kamu akan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan diri.


Kesimpulan

manfaat belajar bahasa inggris

Itulah 5 manfaat belajar bahasa Inggris yang bisa kamu pertimbangkan. Mungkin mempelajari bahasa Inggris adalah suatu tantangan sendiri bagi kamu, tapi mengeluarkan waktu, usaha, dan tenaga untuk mempelajari bahasa Inggris sangat worth it untuk dicoba.

Kamu tidak akan rugi, sebaliknya kamu akan mendapatkan banyak manfaat belajar bahasa Inggris di berbagai aspek kehidupan.

Kesimpulan mengenai pentingnya belajar bahasa Inggris adalah bahasa Inggris membuka jalanmu menuju kesuksesan, membuatmu lebih enjoy ketika menikmati berbagai macam entertainment populer, memudahkanmu untuk akses banyak situs di internet, memberimu kesempatan mengikuti perkembangan dunia ter-up-to-date, dan membuatmu lebih pintar.

Ada berbagai banyak cara yang bisa lakukan untuk fasih berbahasa Inggris, di antaranya adalah mengikuti kursus, belajar melalui video-video gratis di Youtube, membaca materi gratis di banyak website, mengikuti postingan-postingan dalam blog ini, dan masih banyak lagi.

Ayo sekarang temukan alasanmu mempelajari bahasa Inggris, dan rasakan sendiri manfaat belajar bahasa Inggris yang bisa kamu dapatkan. Tidak perlu takut untuk mencoba, dan tidak ada kata terlambat untuk mencoba.

Asalkan kamu gigih dan tekun mempelajarinya serta sering mempraktikkannya, kamu akan fasih berbahasa Inggris sendirinya.

Oiya, jika kamu suka artikel ini, jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lain ya.

Selamat belajar bahasa Inggris!

Posting Komentar

0 Komentar