Advertisement

Mau Dapat Uang dengan Cepat dan Mudah? Jadi Virtual Assistant Jawabannya

Virtual assistant merupakan pekerja independen yang melakukan semua tugasnya secara virtual atau tidak langsung. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara remote dari jarak jauh. Bisa dibilang saat ini profesi menjadi virtual assistant sedang diminati oleh banyak orang. Karena jalur profesi ini terasa cukup menjanjikan karena bisa dikerjakan dari rumah saja dengan nominal gaji yang cukup besar.

Virtual Assistant

Saat Anda menjadi seorang virtual assistant, ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai. Seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik mulai dari menulis email melakukan panggilan telepon dan presentasi. Selain itu Anda juga harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik agar semua jadwal bisa terlaksana tepat waktu.

Peranan Virtual assistant

Biasanya seorang virtual assistant sering disebut sebagai asisten pribadi. Karena bertugas mengatur jadwal dari pemberi tugas secara khusus. Keperluan-keperluan penting yang harus dikerjakan oleh klien harus diketahui oleh virtual assistant agar bisa terlaksana sesuai jadwal. Asisten pribadi ini juga harus menguasai berbagai kemampuan lain termasuk komunikasi yang baik.

Baca Juga :  Work From Home

Mengelola sosial media juga menjadi salah satu peran dari virtual assistant. Pekerjaan ini biasanya dilakukan untuk membantu klien membuat kehadiran secara online di media sosial. Contohnya seperti membuat postingan story dan feeds di Instagram. Bisa juga dalam bentuk interaksi dengan sesama pengguna media sosial yang lain.

Menguasai komunikasi yang baik akan berguna dalam proses mengelola email klien. Mulai dari membuat email baru, menerima email penting dan menghapus email spam. Penggunaan bahasa-bahasa bisnis harus diperbanyak ketika melakukan korespondensi dalam bentuk email. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan profesional dalam bekerja. 

Cara Menjadi Virtual assistant

Sebelum menjadi seorang virtual assistant, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengikuti pelatihan. Banyak platform yang menyediakan pelatihan yang bisa diikuti baik berbayar ataupun gratis. Langkah ini dilakukan untuk mengembangkan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang asisten virtual. Selain itu, melalui pelatihan ada sertifikat yang bisa digunakan untuk mencari pekerjaan.

Saat pelatihan berlangsung, Anda akan menerima banyak ilmu terkait skill yang dibutuhkan sebagai asisten virtual. Namun jika Anda sudah siap menerima klien, Anda bisa menentukan jenis pelayanan yang akan diberikan. Hal ini bisa membuat Anda fokus dalam menyelesaikan tugas yang diterima. Anda juga bisa lebih mudah menemukan klien yang sesuai dengan jenis pelayanan yang ditawarkan.

Berbicara soal mendapatkan uang dengan cepat dan mudah menjadi seorang virtual assistant ada kaitannya dengan penentuan tarif jasa. Anda harus menentukan tarif jasa yang tepat berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari informasi mengenai harga yang biasanya didapat oleh asisten virtual. Biasanya tarif ini juga disesuaikan dengan pengalaman.

Manfaat Menjadi Virtual Assistant

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang asisten virtual adalah memiliki banyak relasi. Bukan tidak mungkin pekerjaan bisa Anda dapatkan dari relasi-relasi tersebut. Apalagi jika didukung dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Sehingga Anda bisa memperbanyak relasi baik sesama asisten virtual atau klien-klien baru.

Selain itu menjadi asisten virtual sama dengan menambah ilmu yang baru. Apalagi ketika Anda mengikuti pelatihan untuk mengembangkan skill yang dimiliki. Bisa jadi skill tersebut baru Anda sadari setelah mengikuti pelatihan. Atau bisa jadi juga Anda memiliki kemampuan yang semakin terasah berkat mengikuti pelatihan sebagai asisten virtual. 

Posting Komentar

0 Komentar