Advertisement

Ampuh! 5+ Minuman Promil untuk Pria dan Wanita

Minuman promil merupakan asupan penunjang yang direkomendasi untuk dikonsumsi bagi pasangan pria dan wanita yang sedang mengikuti program hamil. Jenis minuman ini dapat bersumber dari sayuran maupun buah-buahan yang kemudian diolah. Mengkonsumsi minuman program hamil ini direkomendasikan untuk diminum secara rutin sejak 2 atau 3 bulan sebelum mengikuti program kehamilan. 

Minuman Promil

Selain menjadi asupan pendukung yang sehat, minuman ini juga dapat membantu meningkatkan kesuburan calon ibu maupun ayah. Kebanyakan minuman dikhususkan untuk ibu, agar rahimnya sehat dan sel telur dapat berkembang. Namun, sebaiknya calon ayah juga ikut mengkonsumsi beberapa minuman yang dibuat khusus agar kemungkinan program berhasil lebih tinggi. 

Selama masa mempersiapkan kehamilan, calon ibu harus banyak mengkonsumsi minuman yang kaya akan vitamin C salah satunya yaitu, jus jeruk. Vitamin C dari buah jeruk berguna sebagai antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan sel telur. Jeruk juga tinggi asam folat yang dapat mencegah bayi yang dikandung nantinya terlahir cacat. Yuk cari tahu apa saja list minumannya bagi pria dan wanita. 

1. Jus Alpukat dengan Tambahan Kayu Manis

Minuman jus alpukat dengan topping bubuk kayu manis juga sangat baik bagi wanita yang sedang menjalani program hamil. Kayu manis memiliki khasiat yang dapat memperlancar menstruasi serta memperkuat rahim. Sedangkan alpukat berperan sebagai penyeimbang hormon reproduksi dalam tubuh dan memperbesar kemungkinan peluang untuk hamil. 

Baca Juga: 6 Manfaat Penting Gaya Hidup Minimalis

2. Susu Tinggi Lemak

Para calon ibu juga tidak direkomendasikan untuk meminum susu rendah lemak sebab dapat menurunkan kesuburan. Sebaliknya, untuk meningkatkan kesuburan, calon ibu dapat mengkonsumsi minuman olahan susu tinggi lemak. Sebab, susu tinggi lemak memiliki nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesuburan dan membuat ovulasi tinggi. 

3. Minuman dari Kacang-kacangan

Kemudian minuman promil lainnya untuk para calon ibu adalah minuman yang berasal dari kacang-kacangan. Hal ini penting sebab, protein nabati dari kacang dapat mencegah gangguan ovulasi. Selain itu, minuman dari kacang-kacangan, seperti susu almond, susu kedelai, dan lainnya dapat meningkatkan kesuburan calon ibu saat masa promil.

4. Air putih

Sementara itu, bagi para calon ayah yang sedang berjuang dalam promil, diharuskan untuk mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan harian. Usahakan terpenuhi sesuai dengan anjuran. Kekurangan air putih dapat menurunkan stamina dan membuat sperma tidak sehat, sehingga pembuahan pada rahim kurang optimal. 

5. Minuman Tinggi Vitamin

Pria juga disarankan untuk mengkonsumsi minuman promil yang tinggi vitamin. Beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan seperti, vitamin D, C, dan vitamin E, yang dapat membuat sperma lebih sehat. Selain itu, tubuh pria yang cukup vitamin juga dapat meningkatkan kesuburan. Faktanya, mengkonsumsi vitamin C hingga 1.000 mg dalam sehari juga dapat membentuk konsentrasi mobilitas sperma yang sehat. 

6. Suplemen Asam Folat 

Minuman yang tidak kalah penting untuk dikonsumsi calon ayah adalah suplemen asam folat. Minuman ini direkomendasikan diminum 1 atau 3 bulan sebelum mengikuti promil. Selama promil juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman yang memabukkan. Hal ini dikarenakan zat alkohol pada minuman dapat membuat jumlah sperma rendah dan tidak sehat. 

Banyak sekali jenis minuman promil yang dapat Anda pilih. Mulai dari minuman alami yang dapat dibuat sendiri hingga minuman kemasan yang dibuat khusus untuk menunjang promil. Anda dapat memilih jenis minuman seperti jus, susu, dan lainnya yang tidak mengandung banyak gula agar berfungsi dengan baik sebagai penyubur kandungan. 

Posting Komentar

0 Komentar