Advertisement

7 Tips Mudah Mendapatkan Pekerjaan untuk Freshgraduate

Pada dasarnya, tak sedikit perusahaan yang kerap membuka lowongan pekerjaan untuk freshgraduate. Namun, masih banyak yang kesulitan untuk mengisi posisi kosong tersebut. Umumnya ini terjadi karena beberapa kesalahan dalam proses melamar kerjanya. Jika Anda ingin meningkatkan peluang mendapat pekerjaan meski baru lulus, coba terapkan tips-tips berikut!

1. Ketahui Potensi Diri

Poin paling penting yang perlu dipastikan ada dalam diri freshgraduate adalah mengetahui potensi yang dimiliki. Kenali diri sendiri dan kemampuan apa yang paling menonjol. Jika Anda tahu hal ini, jurusan pendidikan yang diampu selama bertahun-tahun tidak akan jadi patokan utama dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itu, lebih banyak peluang kerja yang bisa Anda manfaatkan. 

2. Lebih Fokus dalam Meningkatkan Skill 

Setelah mengenal diri sendiri, Anda pasti menemukan fakta adanya skill khusus yang dimiliki. Entah kemampuan tersebut sejalan dengan jurusan pendidikan entah sebaliknya, sebaiknya Anda mengembangkannya. Caranya bisa dengan mengikuti kursus ataupun kelas yang fokus membahas bidang tersebut.

Selain meningkatkan kemampuan khusus tersebut, pastikan untuk mempelajari skill penting lainnya. Seperti cara bersikap, berkomunikasi, dan yang paling penting meningkatkan kualitas attitude. Meskipun tidak dinilai secara langsung, hal-hal ini kerap kali jadi bagian yang paling menentukan berhasil tidaknya Anda ketika melamar kerja.

3. Perluas Relasi

Tips selanjutnya agar mendapatkan pekerjaan untuk freshgraduate ialah memperluas relasi. Poin ini sangat penting dilakukan sebab banyak manfaatnya. Di antaranya, Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang lowongan kerja. Anda juga dapat lebih diyakini calon perekrut saat melamar di perusahaan yang di dalamnya terdapat kenalan.

Adapun cara memperluas relasi terbilang banyak. Mulai dari menambah pertemanan di dunia nyata ataupun di sosial media. Mengikuti berbagai komunitas ataupun organisasi. Anda juga bisa berkontribusi dalam aksi sosial di lingkungan sekitar ataupun tempat lainnya sehingga identitas lebih dikenal banyak orang.

4. Perbarui Curriculum Vitae

Tips berikuthya ialah memperbarui CV atau Curriculum Vitae setiap kali melamar posisi berbeda. Jika Anda ingin melamar pekerjaan yang mewajibkan penggunaan CV ATS, terapkan kemampuan yang disyaratkan ke dalam dokumen tersebut. Contohnya, menguasai problem solving dan time management. Namun, pastikan juga skill tersebut benar-benar Anda kuasai.

5. Belajar Beradaptasi dengan Hal Apa Pun

Pada dasarnya, tiap bidang pekerjaan pasti memiliki tantangan yang mungkin dirasa sulit oleh sebagian orang. Jika Anda juga merasa demikian saat berusaha meningkatkan satu kemampuan, pastikan tidak mudah menyerah. Sebaliknya, Anda harus mencoba beradaptasi dengan tantangan tersebut dan melaluinya. Sebab, satu-satunya cara untuk bisa sampai pada titik kesuksesan adalah beradaptasi.

Baca Juga : Work From Home

6. Latih Diri agar Memiliki Komitmen Kuat

Untuk diketahui, adaptasi tidaklah sama dengan bertahan. Oleh karena itu, mencoba meningkatkan kemampuan tersebut bisa dikatakan tidak mudah. Anda perlu melatih diri dan menerapkan komitmen kuat untuk tetap mengembangkan potensi yang ada. Jika Anda makin berkembang dan bertumbuh, suatu saat bukan hal sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

7. Lamar Pekerjaan yang Sesuai dengan Passion 

Tips yang terakhir, pastikan pekerjaan untuk freshgraduate yang dilamar merupakan passion Anda. Kesampingkan urusan gaji sebab yang terpenting ialah Anda mendapatkan pengalaman kerja dan bisa meningkatkan kemampuan. Namun, jika memang Anda siap dengan berbagai hal yang lebih sulit sebab membutuhkan gaji tinggi, poin ini bisa diabaikan. 

Mendapatkan pekerjaan untuk freshgraduate memang bukan hal yang mudah. Namun, bukan berarti tidak mungkin juga. Dengan usaha maksimal dan mencoba menerapkan tips-tips di atas, Anda diharapkan bisa mendapatkan pekerjaan lebih mudah. Yang paling penting, utamakan kejujuran agar pekerjaan yang Anda dapatkan nantinya terasa nyaman dilakukan.

Posting Komentar

0 Komentar