Advertisement

7+ Rekomendasi Spot Mendaki Gunung untuk Pemula Sampai Ahli Pendakian

Spot mendaki merupakan titik terbaik yang biasa digunakan oleh pendaki untuk mengambil momen dalam menjalani hobinya. Berikut beberapa informasi gunung-gunung di Indonesia yang bisa dijadikan pertimbangan untuk mendaki. 

Spot Mendaki Gunung

1. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru yang pernah dijadikan sebagai tempat syuting dalam film “5 cm” menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Lokasinya berada di Ngampo, Pasrujambe, Lumajang, Jawa Timur. Jika Anda berminat untuk mencobanya, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp19 ribuan dan untuk operasionalnya terbuka 24 jam. 

Gunung Semeru tidak disarankan untuk pemula. Karena jalur dakiannya tergolong sulit dan penuh rintangan. Pemula disarankan untuk berhenti di area Ranu Kumbolo. Sedangkan, Profesional dapat melanjutkan hingga puncak tertingginya di Mahameru yang terletak 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). 

2. Gunung Prau, Jawa Tengah

Spot mendaki yang bisa dicoba bagi pemula ialah Gunung Prau. Gunung yang terletak di perbatasan empat kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kendal, Temanggung dan Wonosobo. Walaupun hanya terletak pada ketinggian 2.656 mdpl, Gunung Prau menawarkan pemandangan yang indah. 

Baca Juga : Alternatif Liburan Keluarga

Anda juga akan mendapatkan bonus pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro dari puncak. Gunung Prau terletak di dataran tinggi Dieng sehingga pengunjung dapat merasakan dua wisata sekaligus. Tarif pendakiannya hanya Rp30.000. Waktu terbaik untuk mengunjunginya ialah Juli dan Agustus. 

3. Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung Ijen merupakan spot mendaki terfavorit kedua di Indonesia. Pendakinya bukan hanya warga lokal, tetapi juga warga manca negara. Gunung ini memiliki kawah api berwarna biru yang menjadi pusat perhatian. Selain itu, kondisi perjalanan menuju gunung terbilang cukup aman hanya 2 jam.

4. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung yang ramah untuk pemula selanjutnya ialah Gunung Bromo. Pengunjung biasanya bertujuan untuk melihat matahari terbit. Jika Anda ingin menuju ke bibir kawah Bromo juga tersedia tangga dan jalan berpasir sehingga sangat aman untuk pemula. Harga tiket masuknya juga tergolong murah, yaitu hanya Rp30 ribuan. 

5. Gunung Gede, Jawa Barat

Gunung Gede menjadi spot mendaki paling diminati untuk warga Jawa Barat dan Jakarta. Karena pemandangannya yang indah dan perjalanan menuju puncaknya mudah. Ketika sampai di puncak gunung, Anda akan disajikan dengan keindahan bunga Edelweis dari padang savana. 

6. Gunung Andong, Jawa Tengah

Gunung Andong terletak di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan ketinggian 1.762 mdpl. Gunung Andong tergolong aman untuk pemula karena memiliki spot mendaki  yang tidak terjal dan waktu tempuh yang singkat. Setiap pekan hampir 1.000 wisatawan datang untuk bermalam di area gunung ini. 

7. Gunung Papandayan, Jawa Barat

Gunung Papandayan merupakan gunung yang ramah untuk pemula dan memiliki pemandangan ikonik, yaitu hutan mati. Selain itu, terdapat beberapa kawah terkenal seperti Kawah Mas, Kawah Baru, dan Kawah Manuk. Gunung Papandayan hanya terletak pada ketinggian 2.665 m di atas permukaan laut. 

8. Gunung Batur, Bali

Gunung Batur ialah gunung yang menjadi incaran bagi turis. Gunung Batur masih tergolong sebagai gunung berapi aktif di Bali. Hal menarik dari gunung batur adalah terdapat mata air yang mengalir hingga Danau Batur dan dianggap sebagai tirta suci.  Harga paket tour nya mulai dari Rp325.000 termasuk dengan tour guide. 

Posting Komentar

0 Komentar