Advertisement

Alternatif Liburan Keluarga? Campervan Travel Solusinya

Memasuki musim liburan pasti ada banyak sekali tren berlibur yang muncul ke permukaan, salah satunya adalah campervan travel. Di antara banyak pilihan liburan, cara berlibur satu ini tergolong baru di Indonesia. Bagi keluarga yang suka traveling ke banyak tempat dan tidak menetap di satu rumah atau villa saja, campervan dapat jadi alternatif yang bagus.

Yuk, Kenalan Dulu dengan Campervan Travel

Campervan sendiri merupakan sebutan untuk mobil yang dilengkapi fasilitas selayaknya rumah. Di dalamnya terdapat tempat tidur, dapur kecil, dan beberapa dilengkapi shower portabel. Ukuran dari campervan bervariasi, mulai dari yang kecil untuk dua orang sampai yang cukup besar untuk menampung satu keluarga.

Simpelnya, campervan ini adalah van atau mobil yang dapat menampung semua kegiatan yang dilakukan di rumah. Van seperti ini juga sering digunakan sebagai akomodasi ketika pergi camping atau hiking. Itu sebabnya dinamakan sebagai campervan. Namun sekarang, campervan tidak hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang ingin camping saja.

Tren Campervan Travel di Indonesia

Tren berlibur dengan campervan ini memang masih sangat baru di Indonesia, tetapi peminatnya banyak. Terbukti pada antusiasme masyarakat pada Jambore Campervan Indonesia yang dilaksanakan di Bali lalu. Semenjak banyaknya konten kreator campervan di Indonesia, makin banyak orang yang mengikuti tren berlibur satu ini.

Jika dilihat dari sejarahnya sendiri, liburan dengan campervan sudah sangat umum dilakukan di negeri barat. Misalnya, Amerika, Kanada, dan sekitarnya. Bahkan, beberapa orang rela tinggal di campervan untuk waktu yang lama. Salah satu faktor mengapa di luar negeri lebih banyak yang menggunakan campervan adalah mobilitas lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat.

Faktor lainnya adalah karena lahan untuk parkir di luar negeri terbilang lebih luas dan bebas. Berbeda dengan di Amerika, lahan parkir di Indonesia dalam sebuah destinasi wisata memiliki patokan harga lumayan tinggi. Sedangkan ketika campervan parkir, pasti akan menghabiskan waktu yang sangat lama. Jadi, sebelum menggunakan campervan sebaiknya riset terlebih dahulu.

Apa Iya Campervan Lebih Banyak Benefit?

Jika ditanya apakah menggunakan campervan jauh lebih baik dibanding menginap di villa atau hotel. maka, jawabannya bisa bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda seseorang yang menyukai tantangan baru, maka menggunakan campervan dapat menjadi pilihan yang bagus. Menggunakan campervan juga dapat melatih dalam keterampilan untuk memasak.

Baca Juga : Liburan Anti Mainstream

Selain itu, benefit lain menggunakan campervan adalah minimnya biaya tempat tinggal. Anda tidak perlu lagi menyewa kamar hotel atau villa di dekat destinasi wisata yang dituju. Cukup dengan menyewa satu campervan saja sudah cukup. Hal ini tentunya akan sangat memangkas uang liburan Anda jadi lebih sedikit. Anda dan keluarga juga bisa berkunjung ke lebih banyak tempat wisata.

Sedikit tips saat menggunakan campervan travel, selalu list kebutuhan di awal. Cara ini akan memudahkan Anda untuk melihat apa saja yang perlu dibawa ketika perjalanan. Keluarga juga tidak perlu parno dan panik akan barang tertinggal. Selain melakukan listing barang, ada baiknya untuk mencari kota atau destinasi wisata yang ramah campervan agar pengeluaran tetap aman.

Itu dia beberapa keunikan yang dimiliki oleh campervan, alternatif menarik liburan keluarga. Di Indonesia sendiri, mobil campervan sering disediakan oleh jasa campervan travel yang praktis. Sehingga, keluarga tidak perlu memikirkan lagi harus membeli mobil besar di mana. Cukup ambil pilihan campervan terbaik agar liburan keluarga menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.

Posting Komentar

0 Komentar