Advertisement

Tetap Bugar di Cuaca Sekarang? Ayo Kenalan dengan Superfood Moringa

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti superfood. Menjaga makanan memang sangat dianjurkan, apalagi makanan seimbang. Terdapat beberapa makanan yang dikenal dengan istilah makanan super yang memiliki kandungan gizi lengkap untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Ayo Kenalan dengan Superfood Moringa

Apa Itu Makanan Super?

Superfood merujuk pada jenis makanan yang dianggap sangat kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagian besar berasal dari nabati atau tumbuhan tetapi juga ada yang berasal dari hewani, misalnya ikan dan produk susu. Makanan super seperti ini, contohnya blueberry, salmon, dan acai berry.

Hanya saja, sebetulnya tidak ada kriteria resmi untuk titel makanan super dalam dunia kesehatan. Ahli diet, Despina Hyde dari Langone Medical Center di New York University, pernah memberikan pendapatnya. Ia menyatakan bahwa istilah tersebut lebih merupakan strategi pemasaran untuk makanan yang diklaim memiliki manfaat kesehatan.

Baca Juga : Ramuan Minuman Rimpang PCOS

Meski terbilang taktik pemasaran, bukan berarti makanan super ini tidak perlu dikonsumsi. Menurut pakar nutrisi Penny Kris-Etherton, memakan makanan super tidak akan menyakiti tubuh. Malahan, beliau menganjurkan semakin banyak orang untuk mengonsumsi biji-bijian, kacang, atau sayur yang tergolong makanan super.

Superfood Murah?

Dari beberapa makanan super yang disebutkan, kebanyakan orang lebih mengetahui beri, ikan salmon, atau biji yang harganya cukup mahal di Indonesia. Tahukah Anda kalau ada sayuran Indonesia yang termasuk makanan super. Sayur satu ini pun sangat mudah untuk ditemukan dan harganya murah meriah. Namanya adalah moringa atau daun kelor.

Tanaman kelor, atau Moringa Oleifera, telah diakui sebagai contoh superfood oleh WHO sejak 2010 karena kaya nutrisi dan sangat bagus untuk malnutrisi. Daun kelor memiliki senyawa antioksidan alami dan kandungan gizinya yang tinggi. Terdapat asam amino omega 3 dan fitokimia yang mampu mendukung kesehatan tubuh.

Setiap 100 gram tanaman kelor mengandung zat besi 6,0 mg, protein 5,1 gr, dan masih banyak zat gizi lain. Beta karoten yang terkandung dalam daun kelor bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Sehingga, cocok dikonsumsi untuk penderita sakit jantung dan diabetes melitus.

Inspirasi Menu dengan Superfood

Hal tersulit dari mengonsumsi makanan bergizi terutama sayur adalah kurang sukanya orang dengan menu yang diberikan. Namun, jangan khawatir karena moringa bisa diolah menjadi makanan lezat yang bisa menggugah selera. Salah satunya adalah sup ayam. Dengan menambahkan kelor ke dalam sup ayam, tidak hanya zat gizinya yang bertambah, anak-anak juga pasti akan suka karena rasanya enak.

Selain dibuat sup, daun kelor juga bisa dijadikan sebagai bakwan krispi. Pilihan menu satu ini sangat cocok sebagai camilan keluarga yang sehat dan bergizi. Apabila ingin membuat daun kelor sebagai lauk, botok tahu kelor mungkin bisa jadi pilihan bagus. Cara memasaknya yang dikukus akan memastikan kandungan gizi kelor tidak banyak terurai saat memasak.

Tetap sehat di cuaca sekarang tidak perlu budget yang terlalu tinggi. Cukup dengan mengonsumsi sayuran superfood seperti moringa, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat. Manfaat ini akan memberikan kebaikan jangka panjang untuk Anda dan keluarga apabila dikonsumsi secara rutin. Sayangi kesehatan dan uang Anda dengan konsumsi moringa tiap hari!

Posting Komentar

0 Komentar