Advertisement

Memiliki Sejuta Manfaat, Berikut Fakta Unik Mengenai Bunga Telang

Bunga Telang merupakan jenis tanaman bunga rambat yang hidup di wilayah Asia. Tanaman berbunga kuncup satu ini memiliki nama latin Clitoria ternatea. Bunga ini sangat mudah dijumpai di Indonesia. Tidak hanya indah dan sebagai penghias, Telang juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan menjadi salah satu pewarna makanan alami favorit. 

Bunga Telang

Pada dasarnya, bunga ini termasuk tanaman liar namun, seiring dengan diketahuinya manfaat dari bunga ini, saat ini banyak yang membudidayakannya. Bentuk bunganya corong dan umumnya berwarna biru keunguan yang biasa dijadikan pewarna. Namun, ada juga yang berwarna putih. Daunnya sendiri berbentuk segitiga dengan ukuran sedang dan memiliki warna hijau muda terang. 

Uniknya, bukan hanya bagian bunga saja yang dapat dimanfaatkan dari tanaman ini. Bagian biji dari bunga telang juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Bunga ini mengandung banyak senyawa antosianin yang disebut ternatin yang baik untuk kesehatan. Faktanya, telang sudah banyak digunakan sebagai obat herbal sejak zaman dulu dan masih dimanfaatkan hingga saat ini. 

Khasiat atau Manfaat Unik Bunga Telang

Di dalam bunga telang terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, misalnya vitamin C, vitamin B1 dan B2, serta senyawa aktif lain yang bersifat antioksidan, seperti flavonoid, kaempferol, p-Coumaric acid, serta delphinidin. Oleh karena itu, bunga ini sangat mengobati berbagai penyakit seperti, menurunkan demam, meringankan gejala alergi, hingga mengobati diare.

Tidak hanya itu, bunga ini juga mampu menjaga penampilan Anda agar tetap tampak lebih muda. Khasiat bunga satu ini  dapat membantu menyamarkan kerutan, sebab berkat kandungan antioksidannya. Terlebih lagi, telang juga dapat menghambat proses penuaan dengan cara memperbaiki tekstur kulit kering. 

Baca Juga : Atasi Demotivasi dengan Gamify

Selain itu, bunga rambat satu ini juga mampu mencegah berbagai penyakit mematikan. Salah satunya adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan senyawa flavonoid pada bunga ini bersifat antioksidan, antiradang, dan antikanker. Untuk memperoleh khasiat ini, Anda dapat mengkonsumsinya sebagai teh, dengan cara menyeduh ya menggunakan air hangat. 

Fakta yang paling menarik dari khasiat bunga telang adalah mampu membantu merawat kecantikan. Bunga ini dapat membantu meringankan rambut rontok dan membantu merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, bunga ini juga bisa menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan di didalamnya  terdapat senyawa ternatin yang dapat mencegah penumpukan lemak serta meningkatkan pembakaran lemak.

Cara Budidaya Bunga Telang 

Budidaya bunga telang sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan tanah lada polybag atau langsung pada lahan. Pilih yang yang subur dan akan jauh lebih baik apabila dicampur terlebih dahulu dengan kompos. Setelah media tanam siap, masukan bibit bunga lalu tekan perlahan hingga terkubur. Kemudian, siram bibit secara teratur dan pastikan mendapat sinar matahari yang cukup. 

Perhatikan perkembangan bibit dalam waktu 2 Minggu, jika bibit bagus akan tumbuh tunas. Siram dengan air secukupnya secara rutin dia Ki dalam sehari. Untuk catatan, Anda tidak perlu memberi pupuk sebab dapat mempengaruhi khasiat dari bunga, terutama pupuk kimia. Jika daun bunga sudah tumbuh dan merambat, pasang tiang yang tegak untuk tempat menjalarnya. 

Umumnya, bunga akan muncul setelah usia delapan Minggu sejak proses pembibitan. Jika ukuran dan warna bunga dirasa sudah cukup untuk dipanen, maka Anda dapat memetiknya untuk kemudian diolah. Pastikan bahwa bunga yang Anda petik sudah benar-benar terbuka. Selalu pastikan Anda menyimpan tanaman bunga di tempat yang sejuk dan rawat dengan baik, agar menghasilkan bunga yang berkualitas. 

Posting Komentar

0 Komentar