Advertisement

Atasi Demotivasi dengan Gamify, Strategi Reward dan Reinforcement

Gamify atau gamification adalah strategi yang digunakan dengan prinsip-prinsip atau unsur-unsur permainan yang diaplikasikan ke dalam suatu konteks tertentu misalnya pekerjaan. Pesertanya dilibatkan dengan cara melakukan sesuatu atau berpikir mulai dari hal yang mudah hingga rumit. Biasanya dengan menerapkan sistem poin, mini course, ataupun hadiah sebagai bentuk apresiasi. Sebagai balasannya ada 2 opsi yang diberikan. Ini bisa berupa reward atau hadiah, dan reinforcement atau penguatan.

Menurut Marc Prensky yang merupakan seorang game designer menyebutkan bahwa seseorang sekarang ini belajar dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Metode gamify ini menjadi trend di dunia kerja serta dilakukan banyak perusahaan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan sekaligus memberikan apresiasi di waktu yang sama. 

Contoh Gamify Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja

Sistem poin ini dilakukan dengan cara setiap menyelesaikan tugas akan mendapatkan poin dan akan mendapatkan reward jika mencapai jumlah tertinggi. Salah satu sistem poin contohnya dengan memberikan poin jika karyawan tersebut tidak terlambat masuk kantor, poin itu diakumulasikan di setiap akhir bulan dan karyawan yang mendapat akumulasi poin tertinggi berhak mendapat hadiah.

Leaderboard atau papan peringkat ini dibuat agar karyawan bisa melihat posisinya dibandingkan dengan karyawan lain di perusahaan tersebut. Peringkat ini diperoleh dari berbagai aspek yang menjadi penilaian dari perusahaan terhadap karyawan. Aspek yang dinilai bisa dari target yang tercapai, tugas yang selesai, atau aspek lainnya.

Baca Juga : 10 Manfaat Studystream

Karyawan mungkin bosan jika hanya melakukan rutinitas yang sama setiap hari. Dengan adanya mini course dari perusahaan bisa membuat karyawan belajar sesuatu yang baru ataupun menambahkan skill baru dalam menunjang menyelesaikan pekerjaan. Karyawan bisa menemukan hal baru atau cara baru setelah melakukan mini course gar pekerjaan yang dilakukan bisa lebih efisien.

Perusahaan bisa meluangkan waktu atau dalam jangka waktu tertentu membuat suatu kompetisi baik antar karyawan maupun antar divisi di momen spesial. Contohnya dalam momen ulang tahun kantor, hari besar, akhir tahun bisa dibuat kompetisi best costume, menyanyi, target tertinggi penjualan atau employee of the month sebagai penghargaan atas kerja keras yang dilakukan.

Manfaat Gamify

Dengan dilakukannya gamify ini bisa membuat lingkungan kerja tidak monoton, karena rutinitas pekerjaan yang seringkali membuat bosan kali ini bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan dan bisa membuat hubungan antar karyawan lebih erat. Jika satu rutinitas dilakukan secara terus menerus dilakukan secara konstan akan membuat karyawan merasa jenuh.

Aktivitas gamify ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan persaingan sehat antar karyawan, antar divisi atau departemen karena ada target atau reward yang ingin dicapai. Dengan adanya reward yang dicapai, maka akan ada value tersendiri bagi karyawan tersebut.

Baca Juga : Stop Toxic Productivity

Jika para karyawan produktif makan akan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Melalui mini course yang dilakukan bisa menambah skill baru dan memberikan cara baru agar menyelesaikan tugas atau challenge lebih efektif. Gamify bisa menstimulasi dan memotivasi seorang dalam mengerjakan sesuatu  lebih fun.

Perusahaan kadang tidak terlalu memperhatikan bentuk apresiasi yang diberikan kepada karyawan. Dengan dibuatnya metode gamify ini bisa membuat karyawan merasa dihargai atas pekerjaan yang mereka lakukan untuk perusahaan. Bisa dalam bentuk barang, bonus, liburan gratis atau lainnya. Apresiasi ini bisa memberikan kesan positif perusahaan bagi karyawan.

Posting Komentar

0 Komentar