Advertisement

3 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul dengan Mudah

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul bukan perkara yang sulit untuk diatasi. Saat ini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi messenger paling banyak digunakan. Selain mengirim teks, dengan WhatsApp memungkinkan para penggunanya untuk mengirim foto dan video. 

Terkadang kita mengalami masalah dengan notifikasi WhatsApp yang tidak muncul di layar ponsel kita. Padahal, notifikasi WhatsApp sangat penting untuk memberitahu  jika ada pesan atau panggilan masuk dari kontak.

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp


Lalu, bagaimana cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul? Apa penyebabnya? Dan apa solusinya? Simak pemain berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul 

Sebelum melanjutkan pembahasan bagaimana cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul, penting untuk mengetahui beberapa faktor yang bisa menyebabkan notifikasi WhatsApp yang tidak muncul, antara lain:

1.Pengaturan notifikasi WhatsApp yang tidak aktif

Salah satu faktor tidak munculnya notifikasi WA  bisa terjadi karena sengaja atau tidak sengaja mematikan notifikasi WhatsApp di aplikasi atau di ponsel.

2. Pengaturan hemat baterai yang menghambat notifikasi WhatsApp

Matikan mode hemat baterai sebab mode hemat baterai membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang, termasuk WhatsApp.

3. Pengaturan data seluler yang membatasi notifikasi WhatsApp.

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul  karena memilih opsi untuk membatasi penggunaan data seluler untuk aplikasi tertentu sehingga notifikasi WhatsApp tidak dapat berjalan di latar belakang.

Baca Juga :  Captcha Solver for Humans

Pastikan untuk memeriksa pengaturan data seluler pada perangkat dan   WhatsApp telah diizinkan untuk menggunakan data seluler dengan menghapus batasan yang mungkin telah diterapkan.

4. Gangguan jaringan yang menghambat notifikasi WhatsApp.

Terakhir, penyebab tidak munculnya notifikasi WhatsApp kemungkinan adanya gangguan jaringan. Gangguan jaringan bisa terjadi ketika berada di area yang sinyalnya lemah atau tidak stabil, sehingga WhatsApp tidak bisa menerima atau mengirim pesan secara lancar.

Solusi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Setelah mengetahui beberapa penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul berikut ini cara untuk mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul dengan mencoba beberapa solusi berikut ini:

1. Aktifkan notifikasi WhatsApp di aplikasi dan di ponsel. 

Tidak munculnya notifikasi WhatsApp bisa jadi karena pengaturan notifikasi yang tidak diaktifkan, untuk mengaktifkan notifikasi WhatsApp dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut

  •  Buka aplikasi WhatsApp,
  • Pilih menu setelan, 
  • Ketuk opsi notifikasi,
  •   Pastikan semua opsi notifikasi di sini aktif, seperti nada, getar, lampu, dan pop-up. 
  • Selanjutnya, buka menu pengaturan di ponsel, pilih aplikasi, lalu cari dan pilih WhatsApp. 
  • Klik notifikasi, lalu pastikan semua opsi notifikasi di sini aktif, seperti izinkan notifikasi, tampilkan di layar kunci, dan prioritas tinggi.

2. Matikan mode hemat baterai atau ubah pengaturannya. 

Seperti yang diketahui mode hemat baterai dapat mengganggu aktivitas perangkat berjalan di latar belakang maka dari itu mode hemat daya perlu dimatikan dengan cara sebagai berikut. 

  • Buka menu pengaturan di ponsel.
  • Pilih baterai, lalu matikan mode hemat baterai,
  • Atau pilih pengaturan lanjutan, lalu ketuk opsi manajemen baterai,
  • Cari dan pilih WhatsApp, lalu klik tidak dibatasi untuk mengizinkan WhatsApp berjalan di latar belakang tanpa batasan.

3. Ubah pengaturan data seluler atau ubah jaringannya. 

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul adalah dengan mengubah pengaturan data seluler atau jaringan, yaitu dengan cara : 

  • Buka menu Pengaturan di ponsel, pilih Jaringan & Internet
  • Lalu tekan data seluler. Pastikan data seluler aktif, lalu pilih opsi penggunaan data. 
  • Cari opsi WhatsApp, lalu tekwn data latar belakang aktif, 
  • Atau, pilih jaringan seluler, lalu ketuk pada jenis jaringan yang disukai, 
  • Disarankan untuk memilih jaringan yang lebih stabil, seperti 4G atau 3G.
  • Setelah itu, periksa koneksi jaringan kemudian restart ponsel. 

Sekian pembahasan mengenai penyebab notifikasi WhatsApp tidak berjalan di latar belakang serta cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul.

Posting Komentar

0 Komentar