Advertisement

30 Kosakata Bahasa Inggris Yang Sering Salah Ucap

Kosakata Bahasa Inggris Yang Sering Salah Ucap

30 Kosakata Bahasa Inggris Yang Sering Salah Ucap - Menurut website Newsdle, Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak dipelajari oleh seluruh orang di dunia. Bagi orang Indonesia, mempelajari bahasa Inggris mungkin bisa menjadi hal yang sulit. Meskipun Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sama-sama memiliki jumlah alfabet sebanyak 26 huruf, hal tersebut tidak membuat orang Indonesia memiliki keuntungan tersendiri ketika mempelajari bahasa Inggris. Nyatanya, banyak orang Indonesia yang merasa kesulitan untuk membaca kalimat bahasa Inggris sehingga banyak kosakata bahasa Inggris yang sering salah ucap oleh orang Indonesia.

Beberapa pengucapan bahasa Inggris yang sering salah oleh orang Indonesia mungkin adalah hal wajar karena bahasa Inggris sendiri bukan bahasa kedua di Indonesia, yang mana berbeda dengan Malaysia atau India yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua di negara mereka. Namun, mempelajari bahasa Inggris adalah hal yang penting terutama di zaman yang sudah digital dan terglobalisasi, di mana semua orang dari berbagai negara bisa menjalin hubungan, seperti hubungan bisnis, hubungan asmara, dan lain-lain. Sehingga, butuh bahasa yang sama untuk berkomunikasi, yang mana Bahasa Inggris adalah bahasa yang telah disepakati untuk menjadi bahasa penghubung tersebut.

Jika kamu serius belajar bahasa Inggris, setidaknya kamu perlu mengetahui beberapa kosakata bahasa Inggris yang sering salah diucapkan oleh orang Indonesia karena bisa jadi hal yang kamu anggap benar pengucapannya, ternyata memiliki kesalahan pengucapan bahasa Inggris karena telingamu sudah sering mendengar kosakata bahasa Inggris yang sering salah ucap tersebut.

Oleh karena itu, berikut adalah contoh kata bahasa inggris yang sering salah pengucapannya, yang paling umum dilakukan orang Indonesia, sehingga bahkan banyak pelajar bahasa Inggris yang tidak sadar bahwa kosakata tersebut memiliki kesalahan pengucapan bahasa inggris.

Kosakata Bahasa Inggris Yang Sering Salah Ucap

Archive

Yang benar adalah 'er-kaiv', bukan 'er-civ' atau 'er-caiv'. Yang membuat kata tersebut memiliki kesalahan pengucapan bahasa Inggris adalah pada huruf ch, di mana pada kosakata bahasa Inggris lainnya, huruf tersebut jarang dibaca sebagai k, seperti pada kata chocolate, chain, chair, dan lain-lain.

Answer

Kesalahan pengucapan bahasa Inggris yang sering dilakukan oleh orang Indonesia adalah membaca semua huruf yang ada di dalam kata. Padahal, dalam bahasa Inggris, ada yang disebut sebagai silent letter. Menurut kamus Cambridge, silent letter adalah sebuah huruf dalam sebuah kata, yang walaupun ditulis, tetapi tidak dibaca.

Jadi, cara baca kata answer yang benar adalah 'an-ser', bukan 'an-swer'. Pada kata ini, w adalah silent letter sehingga tidak dibaca.

Buffet

Kata ini dibaca 'bu-fei', bukan 'bu-fet' atau 'ba-fet'.

Cycle dan Bicycle

Kedua kata tersebut memiliki persamaan, yaitu memiliki cycle di dalamnya. Namun, walaupun memiliki kesamaan, kedua kata tersebut berbeda pengucapannya. Kata cycle sendiri dibaca 'sai-kl'. Namun, cycle pada kata bicycle tidak dibaca demikian, melainkan 'si-kl'.

Sehingga kata bicycle dibaca 'bai-si-kl', bukan 'bai-sai-kl'. Jadi, walaupun keduanya mengandung cycle di dalamnya, ternyata cara bacanya berbeda. Oleh sebab itu, kedua kata tersebut masuk dalam kata bahasa Inggris yang sering salah ucap.

Cocoa

Cara baca yang benar adalah 'ko-kou', bukan 'ko-ko-wa'. Jadi, huruf a tidak dibaca dalam kata tersebut.

Castle

Huruf t pada castle adalah silent letter. Jadi cara bacanya yang benar adalah 'kaes-l', bukan 'kaes-tl'.

Croissant

Croissant adalah kata serapan yang berasal dari bahasa Perancis. Penyerapan kata tersebut ke dalam kamus bahasa Inggris pun tidak dilakukan adaptasi, sehingga cara bacanya sama persis seperti cara pengucapannya dalam bahasa Perancis, yang mana punya aturan pronounciation yang berbeda dengan bahasa Inggris.

Cara baca kata croissant yang benar adalah 'kwae-sang', bukan 'kroi-sang' atau 'kroi-san'.

Event

Nah, ini adalah kata bahasa inggris yang sering salah diucapkan. Kebanyakan orang Indonesia membaca event dengan 'i-ven' (di mana 'e' dalam 'ven' dibaca seperti 'e' dalam serangga). Padahal 'i-ven' dengan cara baca tersebut adalah cara baca / pronounciation dari kata 'even'. Sedangkan cara baca yang benar untuk event adalah 'i-vent' (di mana 'e' dalam 'vent' dibaca seperti 'e' dalam 'becak').

Examine dan Determine

Selanjutnya, pengucapan bahasa inggris yang sering salah adalah kata examine dan determine. Kebanyakan orang Indonesia sudah tahu bahwa cara baca mine adalah 'main'. Namun, banyak orang Indonesia yang tidak tahu bahwa mine dalam examine dan determine tidak dibaca demikian. Cara baca yang benar adalah 'eg-ze-min' dan 'de-ter-min'.

Genre

'Jen-re' adalah cara baca yang salah namun sering dilakukan oleh orang Indonesia untuk kata tersebut. Pronounciation yang benar untuk kata tersebut adalah 'zang-ra'.

Hoax

Kata hoax adalah salah satu kata baru yang sudah muncul di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Kata ini adalah kata bahasa Inggris, namun banyak orang Indonesia yang mengucapkannya dengan salah. Kebanyakan orang Indonesia membacanya 'hoaks'. Namun yang benar, dalam bahasa Inggris kata hoax dibaca 'hoks'.

Hyperbole

Cara baca yang benar adalah 'hai-per-be-li', bukan 'hai-per-bol'.

Jewelry

Bacanya 'jew-el-ri', bukan 'je-wle-ri'.

Meme

Meme artinya gambar lucu. Namun, banyak orang Indonesia yang mengucapkannya dengan salah. Bukan dibaca 'me-me' atau 'mem', tetapi 'mim'.

Menu

Kebanyakan orang Indonesia membacanya seperti membacanya sebagai kata dalam bahasa Indonesia. Namun, cara yang benar adalah 'me-nyu' dengan 'e' dalam 'me' seperti 'e' dalam becak.

Mosque

Orang awam seringkali membaca kata ini dengan 'mos-kyu'. Padahal, cara baca yang benar adalah 'mosk'.

Receipt

Dalam kata tersebut, yang menjadi silent letter adalah huruf p. Namun, kebanyakan malah mengiranya huruf t yang menjadi silet letter. Jadi, cara baca yang seharusnya adalah 'ri-sit', bukan 'ri-sip'.

Resume

Banyak orang Indonesia yang mengucapkannya dengan salah. Banyak yang membacanya 're-sum', padahal yang benar adalah 're-zu-mei'.

Salmon

Hurul L pada kata tersebut adalah silent letter. Jadi, cara bacanya yang benar adalah 'sa-men' (dengan huruf 'e' dibaca seperti pada kata serangga), bukan 'sal-mon' atau 'sal-men'.

Subtle

Huruf B pada kata tersebut adalah silent letter. Oleh karena itu, pengucapannya yang benar adalah 'sa-tl', bukan 'sab-tl'.

Suit dan Suite

Banyak yang masih salah dalam mengucapkan dua kata ini, bahkan ada yang membacanya dengan cara yang sama. Cara baca yang benar dari kedua kata tersebut berturut-turut adalah 'suu-t' dan 'swi-t'.

Student dan Study

Beberapa orang mengucap kata student dengan ucapan 'sta' yang sama pada kata study, atau bahkan sebaliknya, di mana ada yang membaca kata study dengan 'stu' layaknya pada kata student. Padahal cara membaca kedua kata tersebut dengan benar berturut-turut adalah 'stu-den' dan 'sta-di'.

Stomach

Kebanyakan orang Indonesia membaca huruf ch pada suatu kata seperti pada kata ch pada chocolate. Padahal ada beberapa kata dengan ch di dalamnya namun dibaca k, seperti pada kata archive sebelumnya dan kata stomach. Cara baca stomach yang benar adalah 'sta-mek', bukan 'sto-mac'.

Ticket

Jika didengarkan dengan saksama, kata ticket tidak dibaca 'ti-ket', tetapi 'ti-kit'.

Vegetable

Kata ini termasuk yang paling salah diucapkan. Banyak yang membacanya 've-je-tae-bel', padahal cara baca yang benar adalah 'vej-tae-bel'.

Wednesday

Sebagai kata yang paling sering muncul, kamu tidak boleh membacanya dengan salah. Cara baca yang benar adalah 'wenz-dei', bukan 'wed-nes-dei'.

Kesimpulan

Untuk menguasai bahasa Inggris, mengetahui kosakata bahasa Inggris yang sering salah ucap oleh kebanyakan orang Indonesia adalah hal penting. Semoga postingan kali ini membawa pengetahuan baru kamu dalam proses belajar bahasa Inggrismu, ya.

Baca Juga :

Posting Komentar

0 Komentar