Advertisement

Ketahui Perbedaan Shy, Embarrassed, dan Ashamed!

Ketahui Perbedaan Shy, Embarrassed, dan Ashamed Supaya Tidak Tertukar!

Ketahui Perbedaan Shy, Embarrassed, dan Ashamed Supaya Tidak Tertukar! - Ketika mempelajari kosakata bahasa Inggris, kamu mungkin merasa kesulitan karena banyak kosakata bahasa Inggris yang memiliki lebih dari satu makna. Bahkan ada beberapa kata bahasa Inggris yang memiliki makna sama dengan kata bahasa Inggris lainnya walaupun biasanya penggunaan kata-kata bahasa Inggris dengan makna yang sama tersebut harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya.

Contoh dari kata-kata bahasa Inggris yang memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia padahal penggunaannya harus disesuaikan dengan konteksnya adalah shy, embarrased, dan ashamed. Jika diartikan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia, ketiga kata tersebut memiliki arti yang sama, yaitu 'malu'. Namun, arti 'malu' dari ketiga kata tersebut sebenarnya memiliki makna yang berbeda tergantung konteks kalimatnya. Untuk mengetahui perbedaan shy, embarrassed, dan ashamed, baca postingan ini sampai selesai, ya.


Shy

Seperti yang kamu tahu, shy artinya 'malu'. Shy biasanya digunakan untuk menggambarkan perasaan/sifat alami seseorang yang merasa tidak nyaman dan nerveous terhadap orang lain atau situasi sosial yang sedang dialaminya. Contoh:

- Seseorang merasa tidak nyaman dalam situasi sosial tertentu karena orang tersebut tidak tahu mau ngomong apa atau tidak suka orang-orang memperhatikannya, maka kamu dapat menggunakan shy untuk menggambarkan perasaan orang tersebut.

- Ketika kamu tidak sengaja bertemu dengan gebetanmu, dan kamu secara tidak sadar malah menghindarinya, bukannya menyapa, maka kata yang menggambarkan perasaan kamu tersebut adalah shy.


Contoh kalimat shy :

Robert was too shy to ask Stefani to go dinner with him.

When Leonardo asked Melanie to go dance with him, she gave a shy smile.

Don't be shy, Hanni! Make yourself at home.

Vidi is very extrovert, while Shela is very shy.

The monkey is shy and hiding behind that building.


Informasi tambahan :

Jika shy diikuti preposition (kata depan), maka preposition yang tepat adalah of/withContohnya : My children are often shy of/with people they do not know.


Embarrassed

Kata selanjutnya yang juga memiliki arti 'malu' adalah embarrassed. Lalu, apa perbedaan shy dan embarrassed? Jika shy digunakan untuk menggambarkan perasaan/sifat alami malu seseorang, maka embarrassed adalah perasaan malu seseorang akan sesuatu dan juga perasaan takut jika orang lain membicarakan hal tersebut. Contoh :

- Kamu merasa malu karena kamu salah kostum saat datang ke suatu pesta. Di sini, kamu juga punya rasa takut jika orang-orang membicarakanmu.

- Kamu merasa malu karena kamu tidak sengaja memecahkan gelas di suatu pesta dan takut orang-orang membicarakanmu.


Selain untuk menggambarkan malu atas kelakuan diri sendiri, kamu juga bisa embarrassed atas kelakuan orang lain. Contoh :

- Kamu merasa malu saat pesta ulang tahunmu karena ayahmu membicarakan hal-hal konyol tentangmu.

- Kamu merasa malu saat ponakanmu menangis di tempat umum.


Contoh kalimat embarrased :

She feels embarrassed because her boyfriend dances awkwardly.

She looked embarrassed to see her sister there.   

He has no idea how embarrassed I am right now.   

His face went brick-red because he was embarrassed.

She seemed a bit embarrassed when her dad came to her.


Info tambahan :

Embarrassed dan embarrassing adalah kata sifat, lalu apa perbedaan embarrassed dan embarrassing? Kedua kata tersebut adalah memang sama-sama berasal dari kata kerja yang kemudian dapat digunakan sebagai kata sifat dalam bentuk past participle (embarrassed) dan present participle (embarrassing).

Embarrassed digunakan untuk menggambarkan perasaan malu, sedangkan embarrassing digunakan untuk menggambarkan situasi memalukan atau orang yang melakukan hal memalukan. Contohnya : It was embarrassing the way few supporters attended the football match.


Ashamed

Bagi beberapa pelajar bahasa Inggris, mungkin membaca makna ashamed dan embarrased di kamus bahasa Inggris agak membuat bingung karena kedua kata tersebut mungkin terkesan sama-sama memiliki makna 'malu' atas perbuatan yang tidak sesuai atau salah.

Lalu, apa perbedaan ashamed dan embarrassed? Embarrassed dapat kamu gunakan saat kamu malu terhadap hal 'aneh/salah' yang kamu lakukan dan juga merasa takut jika orang lain membicarakanmu. Sedangkan ashamed dapat kamu gunakan saat kamu malu dan juga merasa bersalah atas hal yang sebenarnya kamu tahu bahwa hal tersebut seharusnya tidak kamu lakukan. Paham maksudnya, kan? Contoh :

- Kamu merasa malu dan bersalah karena memakai narkoba.

- Kamu merasa malu dan bersalah karena berbohong kepada orang tuamu.


Contoh kalimat ashamed

I haven't finished our project, I'm ashamed to say.

You should be ashamed of yourself. You're big enough to know what is right and wrong.

Jennie felt ashamed of the lies she told to her parents.

I was ashamed of getting angry to my nephew in front of many people.

They felt ashamed after admitting stealling my money.


Informasi tambahan :

Apakah ashamed kata kerja? Tidak. Ashamed adalah kata sifat, sedangkan kata kerja yang berhubungan dengan makna kata tersebut adalah shame.


Demikian penjelasan mengenai perbedaan shy, embarassed, dan ashamed. Semoga materi ini bermanfaat, ya!

(Baca Juga : Filler Words Bahasa Inggris)

Search Keywords : apa perbedaan ashamed dan Shy? apa perbedaan ashamed dan embarrassed? apakah ashamed kata kerja? embarrassing termasuk kata apa? perbedaan shy dan embarrassed, i am embarrassed artinya, feel embarrassed artinya, i'm ashamed artinya, perbedaan embarrassed dan embarrassing, i'm shy artinya, contoh kalimat embarrassed, so embarrassing artinya

Posting Komentar

0 Komentar