Advertisement

Pentingnya Belajar Bahasa Asing untuk si Kecil Berdasarkan Teori Multiple Intelligences Berdiverensiasi

Menurut Gardner (Frames of Mind, 1993), kecerdasan manusia tidak dapat direduksi menjadi satu tingkat atau kemampuan. Kecerdasan buah hati terdiri dari beberapa jenis seperti kecerdasan linguistik, logis-matematis, visual-ruang, musikal, kinestetik-tubuh, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Cara melatihnya sangat beragam dan unik terlebih untuk kecerdasan linguistik.

Teori Multiple Intelligences Berdiverensiasi
Tingkat kecerdasan yang dimiliki satu anak dengan yang lain berbeda-beda tergangung genetik serta lingkungan sekitarnya. Menurut Gardner (Multiple Intelligences in the Classroom, 1994), kecerdasan tersebut saling terpisah satu sama lain. Itu sebabnya penting bagi Anda untuk mengetahui tingkat keecrdasan yang dimiliki buah hati agar bisa mengembangkannya sesuai kemampuan.

Dari segi kecerdasan linguistik sendiri, termasuk salah satu kemampuan buah hati terkait cara berkomunikasi dengan orang lain. Biasanya anak dengan kecerdasan ini mampu bicara dengan lebih terstruktur dan mengingat lebih banyak kata dibanding anak seusianya. Kemampuan menulis dan membacanya pun lebih tinggi sebab kecerdasan linguistik alami yang dimiliki.

Jika buah hati cenderung memiliki tipe kecerdasan ini, sangat disarankan untuk membantu dalam meningkatkannya. Salah satu langkah parenting terbaik adalah memperluas wawasan buah hati terhadap bahasa asing dengan cara mengajari dan melakukan latihan. Sangat direkomendasikan untuk memulainya dengan bahasa Inggris atau bahasa Mandarin sebagai salah satu bahasa dengan pengguna terbanyak. 

Seberapa Penting Bahasa Inggris untuk Buah Hati? 

Saat ini bahasa Inggris telah menjadi cara berkomunikasi utama secara global. Oleh karena itu sangat penting untuk mengajarkan pengetahuan linguistik ini kepada buah hati agar dapat melatih kemampuan komunikasinya. Belajar bahasa Inggris yang bukan merupakan bahasa utama anak bisa membantu dalam melatih lidah dan rahangnya sehingga dapat berkomunikasi lebih lancar.

Tidak hanya itu saja, bahasa Inggris juga membantu dalam meningkatkan daya berpikir kreatif si kecil karena perlu mengingat beberapa kata. Hal tersebut dikarenakan bahasanya yang berbeda dengan cara berkomunikasi sehari-hari sehingga diperlukan ingatan kuat buah hati. Dengan begitu anak dapat berpikir lebih kreatif mengenai cara mengingat dan menghubungkan suatu kata bahasa Inggris.

Adanya proses mengingat suatu kata kemudian mengucapkannya baik secara verbal maupun tulisan berperan dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Anak akan terbiasa menggunakan otaknya untuk menangkap sesuatu yang tampak nyata dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menurut Gardner (Frames of Mind, 1993) bahwa bahasa dapat digunakan untuk mengingat dan menyampaikan suatu informasi. 

Setelah mampu berkomunikasi dengan bahasa asing selain dari bahasa sehari-hari, buah hati akan lebih siap untuk mempelajari bahasa lainnya. Menurut Gardner (Multiple Intelligences in the Classroom, 1994) kecerdasan bekerja secara bersama dalam cara yang kompleks. Oleh karena itu ketika belajar di tempat kursus bahasa asing anak atau ketika kursus bahasa inggris anak online si kecil menggunakan bahasa lain, buah hati dapat membedakannya dengan bahasa sehari-hari yang digunakan. 

Mengapa Anak Perlu Belajar Bahasa Mandarin? 

Menurut Gardner (Frames of Mind, 1993) tengkorak manusia berbeda satu sama lain berdasarkan bentuk dan ukurannya. Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang terhadap kecerdasan terlebih jika sudah diajarkan sejak dini. Anda bisa mengasah kecerdasan linguistiknya dengan bahasa Mandarin karena nada bicara dan pengucapan berbeda-beda sehingga juga mengembangkan pendengaran.

Melalui bahasa Mandarin, Anda pun bisa membantu dalam memperkuat daya ingat buah hati terhadap banyak kosa kata. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kata dengan pengucapan nyaris sama namun arti berbeda sehingga anak perlu mengingatnya dengan baik. Kemampuan ini pun bisa meningkatkan kognitif anak sebab akan terbiasa mengingat dan menyampaikan suatu kata dalam bahasa asing.

Mempelajari bahasa asing seperti Mandarin juga bisa diandalkan jika hendak meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berbicara anak. Alasannya adalah tidak sedikit kata dalam bahasa Mandarin yang sulit diucapkan sehingga lidah anak akan lebih terlatih terhadap pengucapannya. Jika sudah terbiasa anak akan mudah mempelajari bahasa lain dan pengucapannya jadi lebih jelas ketika berbicara.

Saat ini ada banyak sekolah internasional dengan kurikulum terbaik yang mengikut sertakan bahasa Mandarin sebagai pelajaran utama. Dengan mempelajarinya sejak dini, buah hati tidak akan merasa asing lagi ketika memasuki tingkat sekolah formal. Bahkan menurut Gardner (Multiple Intelligences in the Classroom, 1994) ada berbagai tes terkait linguistik sekolah seperti Wechsler Intelligence Scale.

Kesimpulan 

Setelah menyimak pembahasan sebelumnya, Anda tentu sudah mengetahui seberapa penting kecerdasan pada anak. Terdapat beberapa jenis kecerdasan berbeda di mana salah satunya adalah linguistik di mana Anda harus terus mengembangkannya. Hal ini bisa dilakukan dengan langkah awal seperti memberikan pelajaran bahasa Inggris maupun bahasa Mandarin pada buah hati sejak dini.

Kecerdasan tiap memang berbeda satu sama lain namun jika sudah mengetahuinya, sangat diperlukan untuk mengembangkan kemampuan anak. Adapun untuk kecerdasan linguistik, Anda bisa meningkatkannya dengan selalu melatih buah hati terlebih untuk berbicara. Dengan begitu, anak dapat menguasai bahasa asing tanpa melupakan bahasa sehari-hari yang Anda gunakan.

Untuk mengembangkan kecerdasan linguistik anak secara maksimal, Cakap Kids Academy bisa dijadikan pilihan terbaik. Cakap Kids ini dikembangkan oleh perusahaan kursus ternama dan merupakan akademi anak yang diadakan secara offline atau tatap muka. 

Biar efektifnya dalam belajar bahasa asing dan dilengkapi materi yang berkualitas dari teacher profesional. Dapatkan diskon 15% untuk kursus Private dengan menggunakan kode berikut: SEPCKPSXNZA44 .Dengan begitu proses belajar lebih efektif dan efisien karena penyajian materi disertai permainan sehingga anak akan merasa nyaman.

Posting Komentar

0 Komentar