Advertisement

Kreatif! 10+ Kegiatan Ramadhan Anak yang Menyenangkan, Nomor 7 Paling Anti-mainstream

 Kegiatan Ramadhan anak, sebagai bulan penuh berkah yang dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia, sering kali dianggap sebagai waktu yang penuh spiritualitas dan refleksi. Namun, selain momen keagamaan yang kental, bulan suci ini juga merupakan kesempatan bagi anak-anak untuk terlibat dalam serangkaian kegiatan yang menyenangkan dan mendidik. 

Dari berbagai aktivitas yang ada, beberapa di antaranya mungkin sudah biasa kita dengar seperti berpuasa, membaca Al-Quran, dan bersedekah. Namun, di tengah-tengah rutinitas yang sudah lazim tersebut, terdapat pula kegiatan yang tidak biasa, bahkan bisa dikatakan anti-mainstream. 

1. Menghafal Doa-doa Harian 

Untuk membuat anak tidak bosan dalam menunggu waktu berbuka, Anda tentunya dituntut untuk memiliki ide kreatif. Salah satunya yakni dengan mengajak anak untuk melakukan hal-hal kebaikan dan positif, yakni dengan menghafal doa-doa harian. Anda bisa membuat kumpulan jadwal untuk 30 doa harian yang akan dihalalkan anak setiap harinya. 

2. Belajar Membuat Plating untuk Makanan Berbuka

Jika Anda melihat sang buah hati memiliki bakat atau tertarik dalam hal-hal yang berkaitan dengan memasak, mungkin Anda bisa menarik si kecil untuk ikut membuat plating. Kegiatan ramadhan anak yang satu ini dapat membuat kreativitasnya semakin terasah. Jangan  lupa untuk ajarkan mulai dari plating minuman-minuman sederhana, misalnya es buah lebih dulu. 

3. Mengkhatamkan Juz 30 sebelum Waktu Maghrib

Ajarkan anak untuk aktif dalam membaca atau muraja'ah Al-quran dengan membiasakannya membaca setiap sebelum Maghrib. Anda bisa mulai dari surah pendek di juz 30, atau sebaliknya. Mulailah biasakan dari surah Al-Fatihah terlebih dulu. Lalu berikan buku harian atau catatan sebagai bagian dari penanda si kecil telah selesai membaca satu surah. 

4. Eksplorasi Bakat dengan Menggambar dan Mewarnai

Kegiatan Ramadhan anak juga bisa dilakukan dengan cara yang have fun. Ciptakan suasana tersebut dan buat anak tidak bosan dalam menunggu waktu berbuka dengan mengeksplorasi bakat yang dimilikinya. Ajak sang buah hati Anda untuk menggambar dan berikan sketchbook kecil. Atau buku mewarnai dengan sepaket pensil warna yang mudah untuk digunakan. 

5. Berikan Buku-buku Cerita Islami Anak 

Jangan lupa untuk mengajak anak agar lebih mengenal agamanya secara mendalam. Dengan memulai edukasi sejak dini dan memberikannya buku-buku cerita islami anak. Ini bisa menjadi cara seru untuk mengisi kegiatan Ramadhan anak yang menarik. Sebagai rekomendasi, Anda bisa membelikan kumpulan kisah Nabi-nabi dan Rasul dengan narasi dan gambar yang menarik. 

6. Ajarkan Kerajinan Tangan Lucu dengan Karakter Kesukaan

Mengisi waktu luang yang mengasyikkan bisa dilakukan dengan mengajak anak membuat kerajinan tangan lucu. Misalnya membuat tempat pensil dari kardus atau botol bekas dengan karakter-karakter yang unik. Atau membuat celengan dari kaleng bekas yang tidak terpakai. Jangan lupa biarkan anak untuk mengeksplorasi karakter yang ingin di gambarnya, dan selalu dampingi setiap prosesnya. 

7. Bermain Game sambil Menghafalkan Nama-nama Allah SWT (Asmaul Husna) 

Kegiatan Ramadhan anak akan terasa semakin menyenangkan jika membuat anak enjoy. Bermain game akan menjadi usulan paling menarik dan anti-mainstream. Sebagai contoh, Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain ular tangga, atau puzzle dengan kompetisi. Berikan hukuman bermanfaat dengan menghafalkan setiap Asmaul Husna jika sang buah hati kalah. 

8. Ajarkan untuk Bersilaturahmi dengan Membuat Jadwal Buka Bersama

Biasanya dalam beberapa kali, ada waktu di mana Anda menjadwalkan buka bersama dengan kerabat, rekan, atau orang terdekat. Namun bagaimana kalau kini Anda buatkan jadwal sendiri di mana Anda mengajak teman-teman anak Anda untuk mengadakan acara buka bersama. Ini bisa menjadi langkah efektif sebagai kegiatan yang membuat Anda mengerti arti dari tali silaturahmi.

9. Membuat Kartu Ucapan Ramadhan untuk Orang Tersayang

Kumpul-kumpul bersama keluarga merupakan kegiatan yang sangat dinantikan setiap datangnya bulan suci. Jika pada biasanya Anda hanya mengobrol, kini tambahkan satu sesi acara lagi sebagai ruang untuk Anda mengekspresikan diri. Ajarkan buah hati Anda untuk menulis kartu ucapan Ramadhan kepada orang-orang tersayangnya. Lalu biarkan dia memberikannya saat acara kumpul tersebut. 

10. Menonton Animasi Anak Islami Menarik

Memberikan tontonan yang baik juga termasuk dalam ranah edukasi yang perlu diberikan sebagai asupan pembelajaran anak. Agar kegiatan Ramadhan anak semakin terasa seru, biarkan si kecil melewati harinya dengan menonton animasi anak islami yang menarik. Pilih tontonan yang sederhana, menghibur, namun bisa membuat si kecil belajar hal-hal baru. 

Posting Komentar

1 Komentar