Advertisement

Jangan Salah Pilih! Ini yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Laptop Gaming

Game sudah menjadi hiburan yang paling fleksibel dan digemari dari tahun ke tahun, sehingga penting sekali untuk menggunakan laptop gaming terbaik. Karena bermain game di laptop tentu terasa lebih fleksibel dan biayanya lebih murah ketimbang PC. Hanya saja, untuk memilih laptop perlu ketelitian supaya mendapatkan pengalaman terbaik. Berikut beberapa tips memilih laptop gaming. 

1. Sesuaikan Budget dan Kebutuhan

Perakitan di PC mungkin lebih mudah ketimbang di laptop, sehingga bisa ditukar tambah bagian eksternal dan prosesornya. Tapi lain dengan laptop yang device-nya paten, dan tidak bisa di-upgrade kecuali beberapa perangkat kecil. 

Hal ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan apakah laptop tersebut akan bekerja berat, atau standar saja. Jika sudah menentukan kebutuhannya, maka siapkan budget yang diperlukan, budget selalu bergantung dengan kualitas laptop, jadi jangan ragu jika harus merogoh kocek yang besar pun.

2. Prosesor Laptop

Prosesor adalah fungsi utama yang paling penting dalam kerja laptop. Semakin tinggi prosesornya, maka sistem akan semakin baik. Banyak ragam prosesor yang harus disesuaikan dengan perangkat internal, contohnya; AMD dan Intel. Keduanya merupakan prosesor gaming terbaik, tapi juga memiliki fungsi dan daya yang berbeda. 

Dari dua prosesor standar tersebut, AMD dan Intel adalah pilihan yang bagus untuk bermain game. Meski keduanya memiliki pengalaman dan daya yang berbeda, tapi tetap memiliki kualitas standar yang bagus. Standar yang digunakan biasanya Intel Core I7 ke atas, sementara AMD bisa menggunakan seri A10 atau Fx Series. Semakin tinggi angka GHz, semakin cepat kerja prosesor laptop itu.

3. Jenis VGA

Kualitas VGA sangat mempengaruhi pengalaman gaming, terutama jika laptop mempunyai spesifikasi prosesor yang tinggi. Semakin tinggi prosesornya, semakin mudah dan ringan kerja VGA dalam menampilkan kualitas grafis di layar. Tapi harus diperhatikan, jika prosesor tinggi tapi VGA-nya terlalu rendah, akan terjadi ketidakseimbangan dalam sistem. Sebaiknya perlu dicari yang sama-sama seimbang supaya refresh rate-nya bisa terangkat oleh sistem prosesor.  

4. Cari Desain yang Sesuai Selera

Desain laptop gaming biasanya selalu besar dan tebal. Itu disebabkan karena banyak perangkat penting untuk mengangkat fungsi laptop itu sendiri. Tapi tidak menutup kemungkinan ada perangkat yang slim dan standar. Desain yang ringkas juga memudahkan laptop dibawa ke mana-mana.

Baca Juga : Cara Cek Spesifikasi Laptop

5. Perhatikan Media Penyimpanan dan RAM

Banyak perangkat game yang memorinya juga cukup besar sehingga media penyimpanan menjadi bagian penting, tapi bukan berarti harus paling besar.  Dalam memilih memori, selalu perhatikan keseimbangan prosesor dan seluruh perangkat yang lain supaya tidak jomplang dan sistem bekerja normal. 

Ada dua jenis memori, SSD dan HDD, disarankan lebih baik memilih laptop dengan memori HDD 1 TB supaya sistem bisa seimbang saat menginstal perangkat. Jika sekiranya masih kurang, banyak laptop yang mulai menyediakan slot untuk menambah HDD.

Umumnya untuk gaming, RAM yang digunakan selalu di atas 4GB. Sebagai salah satu perangkat yang bisa ditambah ekstensinya, menambah RAM ketika kerja sistem laptop terasa lambat, bisa menjadi opsi untuk meng-upgrade RAM. Selain itu, kepentingan RAM juga untuk mengangkat VGA dan sistem selama bermain game. Jika ingin menikmati pengalaman bermain yang nyaman, meingkatkan kapasitas RAM menjadi saran yang terbaik.

Itulah hal-hal penting yang harus dipikirkan saat memilih laptop gaming. Pemilihan baterai yang removable menjadi opsi utama untuk memilih laptop yang berkualitas. Pasalnya, bermain game di laptop bisa berjam-jam dan kadang daya baterai dapat mempengaruhi kinerja dan daya tahan laptop tersebut. Hal ini supaya jika nanti baterai rusak dapat diganti dengan mudah. Selain baterai, ada port USB dan keyboard yang perlu diperhatikan kualitasnya supaya tetap awet.

Posting Komentar

0 Komentar