Advertisement

Sudah Tahu Tentang Teknik Feynman? Ini Cara Ampuh Hafalkan Materi Baru

Teknik Feynman diambil dari nama seseorang fisikawan di mana beliau ini adalah salah satu pemenang penghargaan Nobel mengenai kuantum elektrodinamika yaitu Richard Feynman. Selain seorang ilmuwan dunia, Feynman adalah seorang pengajar yang mampu menjelaskan teori rumit menjadi teori yang sifatnya sederhana kepada orang awam, sehingga beliau dijuluki “The Great Explainer”.

Metode Belajar dengan Menyederhanakan

Teknik Feynman dapat disebut dengan metode menyederhanakan cara belajar. Selain itu, dapat dikatakan pula meringankan konsep belajar agar mudah dipahami dan dihafal. Teknik ini digunakan untuk memberikan kemudahan dalam belajar. Jika Anda seseorang yang memiliki pekerjaan berbicara di depan orang banyak teknik ini mampu membantu Anda dalam menyiapkan materi.

Baca Juga : Fakta Unik Kepribadian Alpha Girl Vs Beta Girl Dalam Karir 

Penyederhanaan konsep yang ada pada Teknik Feynman ini juga bisa membantu dalam menghafal. Materi yang dipelajari menjadi lebih sederhana daripada aslinya. Penyederhanaan dalam hal ini adalah mengecilkan lingkup pembahasan. Oleh karena itu, tidak akan mengubah inti dari materi namun lebih menekankan dalam kemudahan pemahaman.

Tips Menerapkan Teknik Feynman 

Setelah membaca materi secara keseluruhan, maka yang dilakukan adalah mencatat ide pokok yang penting. Materi dapat ditulis berupa poin untuk memudahkan dalam menentukkan mana saja yang perlu dihafalkan. Manfaat yang diperoleh dari mencatat poin-poin penting yakni terkadang ada topik yang perlu dipelajari lebih kompleks daripada materi yang lainnya. 

Sampaikan topik yang sudah ditulis dengan lawan bicara atau bisa Anda lakukan sendiri di depan cermin. Jika tidak ada lakukan seolah-olah ada  audiens di depan Anda dan sampaikan materi yang telah disusun. Tentunya hal ini menjadi bagian dari berlatih skill komunikasi yang dimiliki. Penambahan alat pendukung juga dapat membantu mempermudah komunikasi

Baca Juga : Tips Menghafal Rumus Tenses Bahasa Inggris

Evaluasi penjelasan yang sudah dilakukan dan minta pendapat lawan bicara atau rasakan sendiri apa yang kurang. Periksa secara detail dari segi materi atau cara Anda menyampaikan. Perhatikan juga calon audiens yang dituju, anggap bahwa audiens belum mengetahui materi yang Anda berikan sehingga bahasa yang disusun akan lebih mudah untuk disampaikan dan audiens juga mudah untuk memahami. 

Apabila dirasa materi yang ditulis masih terlalu rumit coba untuk menyederhanakan isinya tanpa mengubah topik. Baca materi aslinya lalu catat bagian yang penting. Lakukan perbandingan dengan catatan sebelumnya, sehingga dapat ditemukan perbedaan yang tentunya akan membuat Anda kembali mengevaluasi hasil catatan. Ulangi proses tersebut hingga menemukan cara terbaik untuk mengkomunikasikan materi Anda. 

Alasan Teknik Feynman Cocok untuk Proses Pembelajaran

Teknik Feynman dapat mempermudah untuk mengidentifikasi materi yang belum dan sudah dipahami dalam suatu keilmuwan. Maka dapat dilakukan pendalaman materi terhadap sisi keilmuwan yang masih kurang. Tidak jarang Anda mendapatkan informasi baru ketika mulai mencari materi yang berkaitan, sehingga materi yang dikumpulkan akan lebih lengkap daripada sebelumnya. 

Artikel Lainnya : 10 Manfaat Studystream

Lebih sering berlatih memaparkan materi, lambat laun Anda akan menemukan style yang dapat digunakan untuk menjelaskan materi. Anda juga dapat menemukan gaya yang menjadi ciri khas sebagai pembicara. Perlu diingat juga bahwa kinerja otak akan semakin baik ketika terus diasah, sehingga jangan merasa ragu dan bosan dalam melatih kemampuan Anda. 

Ibarat sambil menyelam minum air, mempelajari dan menerapkan Teknik Feynman ini memiliki banyak manfaat. Keterampilan berpikir kritis juga dilatih di mana Anda bergerak untuk menggali informasi lebih dalam yang akan membuat Anda lebih menguasai konsep, memilah topik yang akan dibahas, menganalisis kekurangan diri dalam materi, dan melatih kemampuan komunikasi yang Anda miliki. 

Posting Komentar

0 Komentar