Advertisement

Catat! Ini Cara Cek Data Anda Masuk Dark Web atau Tidak

Dark web adalah situs yang lebih dalam dari depan web tempat aktivitas ilegal bahkan salah satunya yaitu penjualan data-data pribadi banyak orang. Di mana biasanya dicuri dari beberapa platform tempat Anda mendaftarkan diri. Bahkan yang menjual data-data Anda tidak diketahui siapa orangnya sehingga hanya bisa melakukan beberapa pencegahan saja. 

Cara Cek Data Anda Masuk Dark Web atau Tidak

Data diri tersebut bisa tersebar melalui alamat email, nomor handphone maupun kata sandi yang tersebar di internet untuk Anda daftar maupun memasuki website tertentu. Tentunya hal ini tanpa sadar membocorkan data-data Anda yang bahayanya bisa diperjualbelikan secara bebas. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab akan langsung menggunakan data Anda sembarangan.  

Dampak Data Bocor

Kegiatan-kegiatan terlarang yang biasa dilakukan saat data Anda dicuri adalah untuk penjualan barang-barang terlarang seperti senjata api, obat-obatan dan narkotika. Tentunya berdampak buruk bagi nama baik Anda yang bisa menjadi masalah-masalah tidak terduga kedepannya. Para penjahat siber tersebut terus menggunakan data Anda untuk pemalsuan identitasnya.

Yang kerap kali terjadi saat kebocoran data Anda dijual ke dark web adalah digunakan untuk mencuri uang dengan membuka rekening secara bebas. Bahkan potensi disalahgunakan dalam pinjaman online, sampai menyamar untuk melakukan penipuan dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan tuduhan dari data yang terpakai oleh para penjahat tersebut.

Cek Langsung Data Diri

Untuk mengantisipasi agar data Anda tidak masuk dark web dengan cek langsung sendiri dengan beberapa cara. Gratis hanya dengan Google, menggunakan profil akun yang bisa langsung ke tab security di manage Google account. Terdapat pilihan alamat email mungkin ditemukan di dark web, Anda bisa langsung klik pemindaian dan tunggu hingga bisa dilihat data-data yang bocor.  

Bahkan beberapa situs juga bisa digunakan situs seperti Periksadata.com yang dibuat oleh Teguh Aprianto. Seorang pendiri komunitas ethical hacker, di mana website lebih praktis dengan langsung memasukkan alamat email di kolom yang tersedia. Lalu klik Periksa Sekarang dan tunggu hasilnya, Anda juga sebaiknya cek beberapa email yang dimiliki dan digunakan pada kepentingan tertentu.   

Di Mozilla Firefox Anda juga bisa menggunakannya untuk cek data diri dengan memanfaatkan monitornya dalam keamanan data. Langsung buka situs resmi Firefox di chrome dan masukkan kembali e-mail Anda dengan klik kolom check for breaches. Nantinya bisa langsung terlihat apakah data Anda aman atau justru sudah dicuri dan dipakai oleh para cyber.

Cara Penanggulangan

Setelah Anda melakukan pengecekan tentunya masih bisa diatasi dalam beberapa cara. Yang pertama yaitu langsung mengganti semua kata sandi e-mail maupun beberapa situs yang terdaftar menggunakan akun tersebut. Maka dari itu Anda harus menggunakan kata sandi yang lebih rumit dari penggabungan angka, huruf dan simbol. Lalu pencegahan lupa bisa menggunakan password manager.

Setelah itu kini setiap daftar atau akses berbagai kepentingan digital sudah ada verifikasi 2 langkah. Anda harus menggunakannya agar akun lebih aman sehingga tidak bisa dimasuki oleh orang lain. Tentunya ini bisa lebih akurat dalam menghindari pencurian karena melalui tahapan rumit. Pastinya hanya Anda yang benar-benar bisa mengaksesnya ketika mengeluarkan masukan di beberapa perangkat.

Kebocoran data di dark web ini biasanya melalui berbagai cara termasuk saat Anda mengakses sambungan dari luar. Seperti asal memencet link yang tidak dikenal, masuk wifi gratis di sembarang tempat dan masih banyak lagi akses mencurigakan. Hindari jenis pengamanan standar dan selalu gunakan anti-virus pada perangkat Anda agar terhindar dari phising dan scamming.  

Posting Komentar

0 Komentar