Advertisement

Sastra Inggris Kerja Apa? - Info Jurusan dan Prospek Kerja

Sastra Inggris Kerja Apa

Jurusan Sastra Inggris Kerja Apa?

Cappuccino English - "Sastra Inggris belajar apa?, "Sastra Inggris kerja apa?". Pertanyaan tersebut banyak dilontarkan kepada mahasiswa sastra Inggris, dan banyak orang yang mengira bahwa jurusan Sastra Inggris cuma belajar Bahasa Inggris.

Memang, ketika kamu masuk jurusan Sastra Inggris, kamu akan belajar bahasa Inggris juga, seperti grammar, reading, writing, listening, dan speaking, yang dimulai dari level basic di semester awal dan kemudian akan bertahap naik hingga level advanced seiring dengan bertambahnya semester.

Namun, sastra Inggris (English Literature) tidak sesempit itu. Sastra Inggris mencakup ilmu mengenai bahasa Inggris yang dikulik dari sisi linguistiknya dan selain itu juga mencakup mengenai sastra itu sendiri yang dipelajari secara mendalam.

Jadi, di jurusan sastra Inggris, nantinya para mahasiswanya akan diajak untuk mempelajari dan menganalisa karya sastra berbahasa Inggris, baik karya sastra dari US maupun karya sastra dari UK.

(Baca juga : Loker Sastra Inggris September 2023 - Exim Staff)


Sastra Inggris Kerja Apa

Selama ini, banyak yang masih salah kaprah mengenai jurusan Sastra Inggris karena banyak yang menganggap jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris mempelajari hal yang sama, padahal faktanya berbeda.

Di jurusan sastra Inggris, para mahasiswanya akan belajar melakukan analisis terhadap suatu karya sastra berbahasa Inggris dan juga belajar menganalisis mengenai pembentukan kalimat dalam bahasa Inggris.

Sedangkan di jurusan pendidikan bahasa Inggris, para mahasiswanya akan belajar bagaimana cara mengajarkan bahasa Inggris.

Sangat berbeda, bukan?


Apakah Sastra Inggris Susah?

Well, untuk menjawab pertanyaan ini, admin tidak bisa menjawabnya karena setiap mahasiswa sastra Inggris punya penilaiannya sendiri.

Namun, bagi admin (yang merupakan lulusan sastra Inggris), menjadi mahasiswi jurusan sastra Inggris itu susah-susah senang.

Maksudnya apa? Well, menjadi seorang mahasiswa itu pastinya tidak ada yang mudah, baik itu mahasiswa sastra Inggris ataupun mahasiswa jurusan lainnya karena masing-masing jurusan pasti punya mata kuliah yang gampang dan sulit.

Namun, bagi admin, susahnya menjadi mahasiswi sastra Inggris itu bisa dilewati dengan senang karena tugas yang diberikan itu melibatkan hal yang menyenangkan. Contohnya, admin bisa menonton banyak film ketika mendapat tugas untuk menganalisis film. Admin juga bisa membaca novel karena mendapat tugas untuk menganalisis kalimat percakapannya.


Mata Kuliah Sastra Inggris

Jika kamu kepo dengan mata kuliah yang ada di jurusan sastra Inggris (terutama di Universitas Diponegoro), berikut admin tuliskan daftar mata kuliah dari semester 1 sampai semester 8.

Namun perlu diingat, setiap universitas mungkin punya sebaran mata kuliah yang berbeda.


Semester 1

  1. Pancasila
  2. Kewarganegaraan
  3. Pendidikan Agama
  4. Bahasa Indonesia
  5. Basic Listening
  6. Basic Speaking
  7. Basic Reading
  8. Basic Writing
  9. Basic Grammar


Semester 2

  1. Basic Translation
  2. Advanced Listening
  3. Advanced Speaking
  4. Advanced Reading
  5. Advanced Writing
  6. Advanced Grammar
  7. Morphology
  8. British and American Cultural Studies


Semester 3

  1. Intermediate Translation
  2. Advanced Listening
  3. Advanced Speaking
  4. Advanced Reading
  5. Advanced Writing
  6. Advanced Grammar
  7. History of English Literarute
  8. Phonetics and Phonology
  9. Sejarah Pemikiran Modern
  10. Theory of English Literature


Semester 4

  1. Advanced Translation
  2. Public Speaking
  3. Interpretation
  4. Academic Reading
  5. Film and Literature
  6. Elizabethan Drama
  7. Morphology and Syntax
  8. Semantic and Pragmatic
  9. Romantic Poetry
  10. Victorian Prose
  11. Academic Writing


Semester 5

  1. Issues on Translation
  2. English for Public Relationship
  3. Modern English Prose
  4. Issues on English Modern
  5. English Language Teaching
  6. American and English Prose
  7. Culture Cross Communication
  8. American and English Drama
  9. Stylistic and Discourse Analysis


Semester 6

  1. Metode Penelitian
  2. English Language History
  3. Critical Theory
  4. American Prose
  5. KKN


Semester 7

  1. Kewirausahaan
  2. Seminar
  3. Internship


Semester 8

  1. Skripsi


For Your Information

Mulai semester 5, pihak program studi fakultas Undip memberikan pilihan ke mahasiswa sastra Inggris untuk memilih fokus studi masing-masing mahasiswa, di antaranya adalah literature, linguistic, dan culture. Dan nantinya akan ada mata kuliah tambahan lagi yang menjurus ke masing-masing fokus studi tersebut.


S1 Sastra Inggris Gelarnya Apa?

Sastra Inggris Kerja Apa

Umumnya, mahasiswa yang lulus dari Sarjana Sastra akan mendapat gelar S.S. Namun, ada beberapa fakultas yang memberikan gelas S.Hum.


S1 Sastra Inggris S2 Nya Apa?

Umumya, mereka yang lulus dari jurusan S1 sastra Inggris akan melanjutkan studi S2 nya ke jurusan yang berhubungan dengan linguistik dan kesustraan.

Selain bisa melanjutkan jurusan S2 yang selinier, lulusan S1 sastra Inggris bisa lanjut S2 ke jurusan hubungan internasional, ilmu komunikasi, sosiologi, jurnalisme, pariwisata & perhotelan, dan pendidikan bahasa Inggris yang masih ada kaitannya dengan sastra Inggris


Apakah Jurusan Sastra Inggris Sulit Mendapatkan Pekerjaan?

"Lulusan sastra bisa jadi apa?", "Lulusan sastra Inggris kerja di mana?", "Sastra Inggris Kerja Apa?"

Pertanyaan terkait sastra Inggris kerja apa pasti pernah ditanyakan ke mahasiswa sastra Inggris. Entah ditanya oleh orang tua sendiri, sanak saudara, teman, ataupun tetangga.

Berbeda dengan jurusan yang sudah jelas pekerjaannya, misal jurusan kedokteran yang sudah pasti mengarah untuk jadi dokter dan jurusan hukum yang sudah pasti mengarah untuk jadi ahli hukum, sastra Inggris tidak ada pekerjaan yang jelas tujuannya ke mana.

Eiitss, tapi jangan bersedih hati. Justru karena itu, cakupan pekerjaan untuk lulusan sastra Inggris sangat luas. Banyak teman-teman dan kating admin yang sukses dalam pekerjaan mereka dan pekerjaannya masih ada kaitannya dengan jurusan sastra Inggris.

Well, pekerjaan apa saja itu?

Nah, berikut admin juga sudah membuat daftar prospek kerja lulusan sastra Inggris. Jadi, nanti jika ditanya tentang sastra Inggris kerja apa, kamu bisa jawab nih dengan prospek kerja berikut, tentunya sesuai dengan yang kamu minati, ya!


Prospek Kerja Sastra Inggris dan Gajinya

Pikiran negatif mengenai lulusan sastra Inggris cuma bisa jadi guru atau penerjemah sebaiknya segera dihapus karena lulusan sastra Inggris punya peluang untuk kerja di berbagai bidang, apalagi sekarang muncul banyak bidang pekerjaan baru setelah lebih berkembangnya internet dan globalisasi.

Translator

Seorang translator bertugas untuk menerjemahkan dari teks bahasa sumber ke teks bahasa sasaran. Dengan kemampuan 2 bahasa yang baik, lulusan sastra Inggris bisa menjadi penerjemah profesional.

Kisaran gaji : Rp5juta-Rp7juta


Interpreter

Pekerjaan ini memiliki jobdesc yang mirip dengan translator. Bedanya adalah interpreter dilakukan secara langsung.

Kisaran gaji : Rp5juta-Rp7juta


Di Bidang Penerbitan

Dengan pengetahuan mengenai karya sastra, kamu bisa nih kerja di penerbitan, seperti sebagai senior editor, copy editor, managing editor, editor in chief, right editor, dan picture editor.

Kisaran gaji : Rp3juta-Rp7juta


Ahli Bahasa Forensik

Ilmu linguistik yang dipelajari semasa kuliah akan bermanfaat untuk jenis pekerjaan ini karena jobdesc ahli bahasa forensi adalah untuk menganalisis berbagai hal yang sangat berguna untuk keperluan hukum, seperti menganalisis suicide letter, voice recording, emergency call, dan lain-lain.

Kisaran gaji : Di Indonesia sendiri sebenarnya pekerjaan ini masih jarang. Namun, di Amerika seorang ahli bahasa forensik mendapat gaji $77500 per tahun.


Penulis Naskah

Jika memiliki ketertarikan di karya sastra dan juga sekaligus memiliki daya imajinasi yang tinggi dan juga suka menulis cerita, lulusan sastra Inggris bisa menjadi penulis naskah, baik itu novel, film, dan lain-lain.

Kisaran gaji : Rp5juta-Rp200juta


Guru Bahasa Inggris / Dosen

Lulusan sastra Inggris bisa menjadi guru bahasa Inggris / dosen untuk pelajar Indonesia, dan juga dapat menjadi guru bahasa Indonesia / dosen untuk pelajar asing.

Kisaran gaji : Rp3juta-Rp4juta


Content Writer

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa content writer untuk membuat konten di website mereka. Dengan kemampuan menulis yang dipelajari selama kuliah sekaligus kemampuan bahasa Inggris, lulusan sastra Inggris bisa menjadi content writer untuk perusahaan Indonesia maupun perusahaan internasional.

Kisaran gaji : Rp2juta-Rp45juta


Copy Writer

Lulusan sastra Inggris biasanya memiliki daya pikir yang kreatif, kemampuan menulis yang baik, sekaligus juga memiliki kemampuan analisis yang baik. Dengan skill tersebut ditambah belajar marketing skill, lulusan sastra Inggris bisa menjadi seorang copywriter.

Kisaran gaji : Rp3juta-Rp4juta


Blogger

Dengan kemampuan menulis yang baik, lulusan sastra Inggris bisa mendaftarkan blognya sendiri untuk diajukan monetisasi.

Kisaran gaji : Rp1,3juta-Rp10juta


UX Writer

Jobdesc UX writer adalah untuk membuat kata-kata pada aplikasi atau situs web sehingga tombol yang ada pada aplikasi/situs web tersebut lebih mudah dipahami.

Kisaran gaji : Rp6juta-Rp15juta


Public Relation

Staf Maskapai Penerbangan

Concierge Hotel

Tour guide

Eksportir/Importir

Diplomat

Machine Learning Developer

Jurnalis

Speech Therapist


Sumber : https://www.cakeresume.com/resources/prospek-kerja-sastra-inggris


Lowongan Kerja Sastra Inggris di BUMN

Sastra Inggris kerja apa jika ingin mendaftar BUMN?

Banyak perusahaan yang masuk dalam BUMN, dan berdasarkan pengalaman admin selama mengikuti pendaftaran BUMN bersama, ada 1 pekerjaan di BUMN yang memang dikhususkan untuk jurusan sastra Inggris, yaitu staf pelaksana supply chain & pelayanan publik di Perum Bulog.

Selain itu, banyak juga perusahaan BUMN yang membuka lowongan kerja untuk semua jurusan.


Saran untuk Mahasiswa Sastra Inggris

Menurut admin, mahasiswa sastra Inggris sebaiknya tidak hanya mengandalkan ilmu yang hanya dipelajari selama kuliah saja.


Cobalah untuk mengembangkan bakatmu di bidang yang kamu minati dan sekaligus mengikuti kursus / mengikuti sertifikasi. Misalnya, kamu tertarik dengan pekerjaan content writer, maka selain mengikuti sertifikasi TOEFL/IELTS/TOEIC, kamu juga harus mengikuti kursus untuk content writer.

Sehingga, setelah lulus kuliah, kamu sudah punya bekal mengenai content writer dan sekaligus juga bisa menjawab jika ada yang bertanya mengenai sastra Inggris kerja apa.


Kesimpulan

Itulah informasi mengenai jurusan sastra Inggris dan prospek kerjanya. Harapannya, setelah ini kamu yang dari jurusan sastra Inggris sudah tidak bingung lagi ya ketika ditanya mengenai sastra Inggris kerja apa.

Sekian. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Posting Komentar

0 Komentar