Advertisement

Apa Saja Perbedaan Bahasa Inggris UK dan US?

Apa Saja Perbedaan Bahasa Inggris UK dan US?


Cappuccino EnglishBahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, dan masing-masing orang dari setiap negara memiliki ciri khas sendiri ketika berbicara menggunakan bahasa Inggris yang mana disebabkan oleh beberapa hal.

Sebut saja Singapura. Cara orang-orang Singapura berbahasa Inggris sangat kental dipengaruhi oleh budaya Melayu sehingga aksen mereka memiliki ciri khas sendiri. Mereka menyebutnya sebagai Singlish, atau Singaporean English.

Selain Singapura, ada beberapa negara yang juga memiliki ciri khas dalam penggunaan bahasa Inggrisnya, di antaranya adalah Australia, Afrika, India, dan masih banyak lagi.


Berapa Banyak Jenis Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris memiliki banyak variasi, dan tidak bisa ditentukan secara pasti jumlahnya.

Namun, umumnya mereka yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, atau English as Second Language, menjadikan UK dan US sebagai kiblat mereka untuk belajar bahasa Inggris.


Apa Itu UK dan US?

UK, singkatan dari United Kingdom (Inggris Raya), adalah kumpulan negara daulat yang terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Pelajar bahasa Inggris yang berkiblat pada UK berarti disebut menggunakan British English.

Sedangkan US/USA, singkatan dari United States/United States of Amerika (Amerika Serikat), adalah kumpulan 50 negara bagian. Pelajar bahasa Inggris yang berkiblat pada US berarti disebut menggunakan American English.

Kenyataanya, banyak dari pelajar bahasa Inggris yang tidak sadar apakah mereka menggunakan American English atau British English, padahal keduanya memiliki perbedaan, dari segi pengejaan katanya (spelling), kosakatanya (vocabulary), tata bahasanya (grammar), dan lain-lain.


Sejarah Adanya American English

Sejarah bagaimana orang-orang Amerika pada akhirnya menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka diinisiasi dari kedatangan orang-orang British pada sekitar abad 16 dan 17 ke Amerika untuk menjajah.

Orang-orang British ini tidak hanya membawa pengaruh politik, ekonomi, dan sosial, tetapi juga membawa pengaruh budaya, salah satunya adalah bahasa.

Penggunaan bahasa ini pun tetap dilanjutkan meskipun Amerika sudah merdeka dari kolonisasi tersebut. Untuk membedakan dengan bahasa Inggris penjajah mereka, Amerika mulai membuat variasi bahasa Inggris sendiri.

Seorang lexicographer bernama Noah Webster pun mulai membuat kamus yang berjudul 'An American Dictionary of the English Language' yang kemudian mempopulerkan penggunaan American English ke seluruh bagian Amerika.


Lebih Mudah Inggris British Atau Amerika?

Di antara 2 kiblat bahasa Inggris tersebut, kamu tidak bisa mengklaim bahwa American English lebih mudah dipelajari dari British English, ataupun sebaliknya.

Pada umumnya kedua variasi bahasa tersebut sama, hanya berbeda pada bagian-bagian tertentu yang menjadikan ciri khas dari masing-masing variasi bahasa tersebut.

Banyak orang bilang mereka menyukai gaya bicara orang-orang British seperti yang mereka lihat di film Harry Potter. Beberapa orang bilang mereka lebih menyukai American English karena dianggap lebih modern. 


Perbedaan Bahasa Inggris UK dan US


Sebagai seorang pelajar bahasa Inggris, kamu harus konsisten apakah ingin menggunakan American English atau British English. Kamu bisa menentukannya dari tujuanmu belajar bahasa Inggris, variasi mana yang menurutmu lebih mudah dipahami, atau variasi mana yang lebih kamu sukai. Apapun pilihanmu, yang terpenting adalah konsisten.

Sekarang, ayo kita lihat apa saja perbedaan bahasa Inggris UK dan US. Variasi mana nih yang ternyata paling sering kamu gunakan?


Pengejaan Kata (Spelling)

Beberapa kosakata memiliki perbedaan pengejaan kata, di antaranya adalah :

- Kata kerja British English dengan akhiran 'ize' atau 'ise', pada American English diubah menjadi 'ize'.

British English : appetizer/appetiser, fertilizer/fertiliser, categorize/categorise

American English : appetizer, fertilizer, categorize


- Kata kerja British English dengan akhiran 'yse', pada American English diubah menjadi 'yze' :

British English : paralyse, analyse, breathalyse

American English : paralyze, analyze, breathalyze


- Kata benda British English dengan akhiran 'our', pada American English diubah menjadi 'or'.

British English : odour, flavour, colour

American English : odor, flavor, color


- Kata British English dengan akhiran huruf vokal yang diikuti 'LL', pada American English huruf 'L' tersebut diubah menjadi tidak double.

British English : labelled, marvellous, cancelled

American English : labeled, marvelous, canceled


- Kata benda British English dengan akhiran 'ence', pada American English diubah menjadi 'ense'.

British English : licence, defence, pretence

American English : license, defense, pretense


- Beberapa kata benda British English dengan akhiran 'ogue', pada American English diubah menjadi 'og' atau bisa 'ogue'.

British English : catalogue, dialogue, analogue

American English : catalogue/catalog, dialogue/dialog, analogue/analog


- Beberapa kata kerja past tense British English yang berakhiran 't', pada American English diubah menjadi 'ed'.

British English : learnt, burnt, leapt

American English : learned, burned, leaped


Kosakata (Vocabulary)

Beberapa kata memiliki bahasa Inggris yang berbeda, seperti :

- Truk

British English : lorry

American English : truck


- Universitas

British English : University

American English : College


- Liburan

British English : holiday

American English : vacation


- Kripik

British English : crisp

American English : chips


- Kentang goreng

British English : chips

American English : French fries


- Sepak bola

British English : football

American English : soccer


- Apotek

British English : chemist

American English : drugstore


Masing-masing variasi bahasa Inggris tersebut juga memiliki perbedaan Slang Words. Untuk tahu Slang Words yang biasanya digunakan dalam American English, klik di sini, ya!


Aksen (Accent)

Kamu bisa mengetahui apakah seseorang menggunakan American English atau British English dengan mendengar aksen bicaranya.

Salah satu ciri british aksen adalah penghilangan pengucapan huruf 'r' rhotic. Jika kamu perhatikan aksen para pemain Harry Potter, mereka menghilangkan huruf 'r' dalam mengucapkan kosakata yang mengandung huruf 'r'.

Selain itu, perbedaan contoh aksen british dan american dapat kamu lihat pada film Harry Potter (yang diproduksi di UK) dan Twilight (yang diproduksi di US). Jika kamu perhatikan secara seksama, kamu akan mengetahui perbedaan secara jelas dari nada bicara yang berbeda dari para pemain kedua film tersebut.


Tata Bahasa (Grammar)

Dari segi tata bahasa/grammar, terdapat juga beberapa perbedaan :

- Pada British English, collective noun dapat dianggap plural/singularContoh : The footbal team are playing tonight/The footbal team is playing tonight.

Sedangkan pada American English, collective noun dianggap singular. Contoh : The footbal team is playing tonight.

- Pada British English, 'at' adalah preposisi untuk merujuk waktu dan tempat secara spesifik.

Pada American English, 'on' adalah preposisi untuk merujuk waktu secara spesifik dan 'in' adalah preposisi untuk merujuk tempat secara spesifik.


Kesimpulan

Itulah materi tentang apa saja perbedaan bahasa Inggris UK dan US. Jadi, selama ini kamu lebih sering menggunakan British English atau American English?

Posting Komentar

0 Komentar